Ini Penyebab Mengapa Kepanasan Bisa Menyebabkan Mimisan dan Sakit Kepala

Jumat, 5 Juni 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Penyebab Mengapa Kepanasan Bisa Menyebabkan Mimisan dan Sakit Kepala Ilustrasi mimisan. ©Shutterstock/John Sartin

Merdeka.com - Terpapar sinar matahari yang terik di siang hari kadang membuat kita merasa pusing karena kepanasan. Pada beberapa orang terutama anak-anak, kondisi ini kadang menyebabkan hidung jadi mimisan atau berdarah.

Hal ini sendiri juga tidak khusus hanya pada anak-anak saja namun juga bisa terjadi pada orang dewasa. Terjadinya mimisan ini disebut terjadi karena pembuluh darah yang pecah.

"Sakit kepala (lalu) mimisan kebanyakan terjadi pada anak-anak. Mungkin karena terlalu sering di luar, kepanasan. Pembuluh darah anak masih rapuh, sakit kepala karena kepanasan, pembuluh darah pecah. Mesti pemeriksaan lebih lanjut," ujar dokter spesialis saraf di Eka Hospital Cibubur, Yonathan Andrian beberapa waktu lalu, dilansir dari Antara.

Pembuluh darah di kepala cukup sensitif sehingga saat terpapar panas sinar matahari misalnya merespon normal, membesar dan kondisi ini sesekali bisa membuat seseorang sakit kepala. Saat sakit kepala muncul, dapat menjadi tanda dia kelelahan.

"Sakit karena pembuluh darah di kepala membesar, (ini) respon normal bisa karena matahari, sesekali bikin sakit kepala. Ini tanda terlalu capek," tutur Yonathan.

Baca Selanjutnya: Jika mengalaminya dokter menyarankan pasien...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini