Ini nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui saat puasa

Rabu, 8 Juni 2016 05:01 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Ini nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui saat puasa ilustrasi ibu menyusui. ©www.pregnancyandbaby.com

Merdeka.com - puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengeluarkan racun di dalam tubuh, menyehatkan ginjal dan mengontrol berat badan. Puasa juga baik dilakukan bagi ibu menyusui selama kondisi fisik sehat.

Tentu mesti memperhatikan asupan nutrisi yang baik supaya air susu tetap lancar. Sebab, jika tidak dapat menjaga pola makan akan berdampak kepada kesehatan serta ASI.

Ketika menyusui makanan bisa dijaga selama sahur dan berbuka. Berikut adalah asupan gizi seimbang selama berpuasa untuk ibu menyusui dihimpun merdeka.com:

1. Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan saat berpuasa. Sebab ketika menyusui dibutuhkan banyak kalori dari biasanya untuk memenuhi kebutuhan air susu. Ibu menyusui bisa memilih antara nasi atau roti untuk jenis karbohidrat.

2. Protein

Protein yang terkandung dalam nabati dan hewani dapat dijadikan menu berbuka puasa. Protein membantu membangun sel yang dan rusak atau tidak dibutuhkan dalam tubuh. Makanan yang terdapat protein seperti, ikan, kacang-kacangan seperti tempe dan tahu.

3. Vitamin dan mineral

Vitamin yang dibutuhkan ketika menyusui. Mengonsumsi vitamin dari buah dan sayur sangat penting untuk mendapatkan manfaat bagi sari makanan bayi. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini