Ini manfaat minum kopi sebelum olahraga!

Kamis, 19 Desember 2013 15:27 Reporter : Kun Sila Ananda
Ini manfaat minum kopi sebelum olahraga! Ilustrasi kopi. ©Shutterstock.com/Denis Vrublevski

Merdeka.com - Kabar baik untuk pecinta kopi. Kini mereka bisa minum kopi sebelum berolahraga. Pasalnya, kafein dalam kopi diketahui bisa meningkatkan energi saat berolahraga.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi kafein sebelum olahraga bisa meningkatkan energi dan menunda rasa lelah. Sejak lama peneliti dan atlet memang telah mengetahui bahwa kafein memberikan tenaga ekstra bagi olahraga aerobik. Namun penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kafein juga bisa bermanfaat untuk olahraga lainnya.

Hasil ini ditemukan peneliti dari Coventry University di inggris setelah mengamati 13 anak muda yang melakukan olahraga. Mereka diminta untuk mengonsumsi minuman berenergi yang mengandung kafein namun bebas gula, seperti dilansir oleh App for Health (16/12).

Diketahui bahwa partisipan yang minum kafein ternyata lebih berenergi dan tak mudah merasa lelah. Peneliti berpendapat bahwa kafein tampaknya mempengaruhi sistem saraf pusat dan bagian otak yang berkaitan dengan mood, kewaspadaan, dan kemampuan motorik seseorang selama olahraga.

Namun perlu ditekankan bahwa masih ada kaitan yang tak diketahui antara kafein dengan olahraga. Misalnya, peneliti belum mengetahui betapa dosis yang dibutuhkan dan yang berlebihan. Untuk itu perlu diwaspadai sebelum Anda minum kopi atau minuman berkafein saat akan olahraga. Jika Anda termasuk orang yang sensitif pada kafein, sebaiknya hindari dulu minuman berkafein seperti kopi atau teh. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penelitian
  3. Olahraga
  4. Manfaat Kopi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini