Ini Hal yang bakal Terjadi pada Tubuh Usai Kamu Mengonsumsi Hamburger

Selasa, 23 Juli 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Hal yang bakal Terjadi pada Tubuh Usai Kamu Mengonsumsi Hamburger Ilustrasi hamburger. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Elena Shashkina

Merdeka.com - Hamburger merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang sangat mudah dijumpai. Selain itu, makanan satu ini juga cukup mudah untuk dikonsumsi pada beragam tempat.

Walau sangat mudah dikonsumsi, makanan satu ini juga memiliki sejumlah hal yang membuatnya tidak sehat untuk terlalu sering dikonsumsi. Banyaknya bahan olahan pada makanan jenis ini membuatnya bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Dilansir dari Times of India, junk foods seperti hamburger diketahui sarat dengan kalori, lemak, serta kandungan sodium berlebih. Mengonsumsi sejumlah hal tersebut secara bersamaan dalam jumlah besar bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Pada umumnya, sebuah hamburger mengandung 500 kalori, 25 gram lemak, 40 gram karbohidrat, 10 gram gula, dan 1.000 miligram sodium. Jumlah kandungan yang ada ini bisa menyebabkan masalah pada sistem di tubuh.

15 menit dari suapan hamburger pertama ini, kamu bakal mengalami berondongan glukosa masuk dalam tubuh. Hal ini kemudian melepaskan insulin yang membuatmu kembali lapar usai beberapa jam.

Terus-menerus mengonsumsi jenis makanan ini bisa meningkatkan risiko diabetes pada dirimu. Jika dijelaskan secara ilmiah, proses mengonsumsi kalori secara berlebihan dalam satu waktu ini memberikan tekanan oksidatif pada sel.

Mengonsumsi makanan yang sarat dengan lemak jenuh ini juga dapat sangat menyakiti kesehatan. Sebuah penelitian sebelumnya pernah meneliti bahwa pada pria yang mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh, diketahui bahwa arteri mereka memburuk dan tak melebar seperti seharusnya. Pembatasan aliran darah yang terjadi karena hal ini bisa mengakibatkan munculnya serangan jantung kemudian.

Kandungan tinggi sodium yang dimiliki oleh hamburger ini juga bisa menimbulkan dampak negatif pada pembuluh darah. Sejumlah dampak buruk yang muncul ini menjelaskan bahwa sebaiknya kurangi konsumsi makanan ini dan pilih jenis makanan lain yang jauh lebih sehat. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini