Ini dia tipe-tipe orang yang berisiko tinggi kena ISK!

Rabu, 7 September 2016 13:49 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini dia tipe-tipe orang yang berisiko tinggi kena ISK! Ilustrasi lansia. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - ISK atau infeksi saluran kemih adalah suatu kondisi di mana saluran kemih, kandung kemih, atau uretramu terinfeksi oleh bakteri yang kemudian menyebabkan peradangan, nyeri, serta munculnya sensasi seperti terbakar.

Dibandingkan dengan pria, wanita lebih mudah untuk terkena ISK karena letak saluran kencing yang berdekatan dengan anus. Selain wanita, berikut adalah beberapa orang yang juga berisiko tinggi untuk terkena ISK.

Mereka yang aktif secara seksual

Hubungan seksual menjadi faktor umum menularnya penyakit ISK. Terutama jika pasanganmu jarang menjaga kesehatan alat kelaminnya sebelum atau sesudah berhubungan seksual.

Pria berusia di atas 50 tahun

ISK juga bisa terjadi pada pria yang berusia di atas 50 tahun karena frekuensi kencing yang rendah sehingga membuat bakteri sulit untuk keluar.

Wanita yang sudah menopause

Sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita yang sudah mengalami masa menopause memiliki risiko tinggi untuk terkena ISK karena rendahnya hormon estrogen di dalam tubuhnya.

Mereka yang belum disunat

Sunat merupakan tindakan untuk menjaga kesehatan alat kelamin pria, termasuk mencegah mereka dari ISk karena tidak adanya penumpukkan kotoran dan keringan di kulup.

Para lansia

Alasan kenapa para lansia mudah sekali untuk terkena ISK sebab melemahnya fungsi kandung kemih yang membuat mereka lebih rentan untuk terkena infeksi.

Diabetes

Pasien diabetes berada pada risiko yang tinggi untuk terkena ISK karena kapasitas kontraksi kandung kemih akan melemah dan membuat mereka sulit untuk buang air kecil. Hal ini menjadikan bakteri sulit untuk keluar.

Mereka yang terlalu sibuk bekerja

Seringkali padatnya pekerjaan membuat seseorang seringkali menahan keinginan untuk kencing. Dan hal ini meningkatkan risiko untuk terkena ISK. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini