Ini dia 4 manfaat sehat minum air kelapa saat hamil

Senin, 28 Desember 2015 15:20 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini dia 4 manfaat sehat minum air kelapa saat hamil Ilustrasi air kelapa muda. ©Shutterstock.com/tiverylucky

Merdeka.com - Saat hamil, tentu saja Anda butuh dan wajib untuk mengonsumsi makanan tinggi nutrisi. Sebab bayi yang Anda kandung membutuhkan nutrisi tersebut agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Selain sayur dan buah, banyak tips kehamilan yang menyarankan agar Anda minum air kelapa saat hamil. Ada yang bilang agar bayi yang dilahirkan nanti lahir dalam keadaan bersih. Well, selain manfaat tersebut, berikut adalah alasan lain kenapa Anda wajib untuk minum air kelapa saat hamil.

Menjaga cadangan air dalam tubuh

Saat hamil, wanita membutuhkan banyak cairan di dalam tubuhnya untuk mengatasi kebutuhan bayi. Minum air kelapa dapat meningkatkan cairan dalam tubuh. Selain itu minum air kelapa juga membantu untuk meningkatkan volume darah.

Memberikan suntikan elektrolit

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak elektrolit, selain air. Hal ini bermanfaat untuk membuat tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Air kelapa juga mengandung natrium, kalsium, dan kalium yang membawa muatan listrik positif masuk ke dalam tubuh.

Mencegah hipertensi

Banyak wanita yang menderita hipertensi selama masa kehamilan. Hal ini bisa meningkatkan masalah kesehatan pada ibu dan bayi yang belum lahir. Minum air kelapa dapat memberikan efek relaksasi sehingga memudahkan untuk menurunkan tekanan darah.

Mengontrol berat badan

Air kelapa sangat rendah lemak dan kolesterol. Sehingga tidak ada risiko kenaikan berat badan jika Anda meminumnya. Anda pun bisa terbebas dari ancaman diabetes yang umum terjadi semasa hamil.

Air kelapa sangatlah sehat untuk tubuh. Namun ingat, jangan mencampurnya dengan gula yang bisa menurunkan nilai gizi dari air tersebut. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini