Ini dia 3 jenis kanker sumber ketakutan terbesar pria!

Kamis, 8 Desember 2016 13:23 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi Kanker Prostat. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kanker bisa tumbuh hampir di semua bagian tubuh karena sel-sel kanker tersebar di mana saja. Bahkan hingga di organ vital yang tersembunyi letaknya.

Jika di tubuh wanita, kanker bisa tumbuh di payudara, rahim, saluran rahim, atau indung telur, maka dalam tubuh pria kanker juga bisa tumbuh di penis, testikel, dan prostat.

Dilansir dari medicaldaily.com, berikut adalah penjelasannya.

Kanker penis
Penis memiliki beragam jaringan di dalamnya dan hal ini berarti berbagai jenis kanker mampu berkembang. Menurut American Cancer Society, mayoritas kanker penis ditemukan di kulup atau bagian kulit yang belum di sunat dan di kepala penis. "Tumor ini cenderung tumbuh secara perlahan namun bisa disembuhkan jika telah didiagnosis sejak awal."

Selain itu, ada pula jenis kanker lain yang tumbuh yaitu kanker melanoma, bentuk kanker kulit yang berbahaya dan tumbuh dalam sel yang menghasilkan pigmen kulit. Kanker penis ditandai dengan munculnya benjolan, perubahan warna kulit, ruam, bengkak, dan bau di bawah kulup.

Kanker testikel
Testikel bertugas untuk memproduksi sperma dan hormon pria lainnya. Usia rata-rata pria yang terkena kanker ini adalah 33 tahun yang diawali dengan munculnya rasa ketidaknyamanan, bengkak, serta nyeri di perut bagian bawah. Menurut American Cancer Society, kanker testis biasanya dapat diobati dan risiko pria yang meninggal karena kanker testis sangatlah rendah, sekitar 1:50.000 kasus.

Kanker prostat
Prostat merupakan kelenjar yang mengelilingi uretra. Kanker prostat sering ditunjukkan dari urin yang dikeluarkan seperti sulit kencing atau munculnya darah di urin. Kanker prostat juga membuat pria mengalami rasa sakit di punggung, pinggul, atau panggul.

Kanker prostat sendiri adalah jenis kanker yang paling mematikan kedua di kalangan pria, selain kanker paru-paru. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.