Ini Cara Cegah Munculnya Keringat Ketika Makan Daging

Senin, 31 Desember 2018 08:39 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Cara Cegah Munculnya Keringat Ketika Makan Daging ilustrasi daging merah. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Maria Komar

Merdeka.com - Berkeringat usai makan daging adalah salah satu hal yang wajar dialami oleh beberapa orang. Dilansir dari Men's Health, hal ini disebabkan karena sistem metabolisme tubuh yang bekerja terlalu keras dalam mencerna makanan.

"Keringat dari daging ini adalah reaksi fisik yang dialami beberapa orang setelah mengonsumsi secara banyak makanan yang kaya protein," jelas Verona Somarriba, koordinator nutrisi klinis untuk divisi bedah di Icahn School of Medicine, Mount Sinai dilansir dari Men's Health.

Protein dan alkohol membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna dibanding makanan lain. Besarnya energi ini disebabkan karena jalur metabolisme yang digunakan tubuh untuk menyerapnya.

"Mengonsumsi makanan berprotein dalam jumlah banyak meningkatkan temperatur karena tubuh harus bekerja jauh lebih keras untuk mencernanya dibanding sayur, buah, lemak, atau biji-bijian, sehingga menghasilkan keringat berlebih pada tubuh," ungkap Somarriba.

Munculnya keringat ini sendiri bisa dicegah dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Perhatikan jumlah daging yang dikonsumsi

"Batasi jumlah konsumsi daging hingga delapan ons atau kurang dari itu setiap porsi makan," jelas Somarriba.

"Imbangi makanan tersebut dengan sayur, biji-bijian, serta lemak sehat untuk meningkatkan rasa kenyang di perut," sambungnya.

2. Beri jarak pada waktu makan

Jika kamu masih lapar, coba untuk menahan diri dan mebuat jeda waktu sebelum kembali makan agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan.

"Tunggu 2-3 jam sebelum makan selanjutnya dibanding langsung makan dalam porsi besar di satu waktu," ungkap Somarriba.

3. Hindari minuman keras

Setelah makan terutama dalam porsi besar, sebaiknya minum air putih dan bukan yang lain.

"Hindari mengonsumsi alkohol serta daging dalam jumlah besar bersamaan. Keduanya meningkatkan efek termogenik dari makanan," jelas Somarriba.

4. Banyak berolahraga

"Berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kondisi tubuh serta respons metabolik. Menurunya lemak tubuh secara keseluruhan bakal menurunkan panas tubuh juga," tutur Somarriba.

Dengan menurunnya panas tubuh ini, peluang munculnya keringat ketika mengonsumsi daging juga menurun. Jika memang kamu sering berkeringat setelah mengonsumsi daging, empat hal ini dapat dicoba untuk mencegah kembalinya hal tersebut. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini