Ini Alasan Mengapa Berbahaya untuk Konsumsi Daging Ayam Tiren

Rabu, 27 November 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Alasan Mengapa Berbahaya untuk Konsumsi Daging Ayam Tiren Ilustrasi daging ayam. ©Shutterstock.com/evp82

Merdeka.com - Salah satu masalah ketika membeli ayam di pasar atau yang sudah dimasak adalah kondisinya yang tidak layak dikonsumsi atau tiren. Sejumlah bahaya mengancam kesehatan bisa muncul dari konsumsi ayam ini.

Menurut dokter hewan Wayan Wiryawan, ternak yang mati tanpa dipotong dagingnya tidak sehat untuk dikonsumsi karena berpotensi tercemar bakteri yang sudah berkembang di dalamnya.

"Begitu hewan itu mati, sistem imunitasnya kan sudah tidak ada. Sehingga bakteri pembusuknya jadi berkembang," kata Wayan.

"Begitu populasi bakteri itu menjadi banyak dan mencemari daging tersebut kan jadi berisiko," kata Wayan yang juga anggota Asosiasi Dokter Hewan Perunggasan Indonesia itu.

1 dari 1 halaman

Bahaya Konsumsi Daging Tiren

Wayan mengingatkan para pedagang daging untuk lebih memperhatikan hal-hal tersebut. Hal ini karena berkaitan dengan kesehatan orang lain.

"Orang kalau mau usaha itu kan harus pakai nurani. Kalau memang itu hewan yang mati, mestinya kan tidak boleh diolah untuk dikonsumsi," kata Wayan.

Apabila seseorang mengonsumsi daging tiren, bakteri penyebab penyakit bisa masuk ke dalam tubuh manusia.

"Yang paling mungkin E.coli, salmonella, yang paling dikhawatirkan penyakit tifus. Dua ini yang paling umum," ujar Wayan.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Penyakit Bukan Datang dari Daging Namun dari Cara Pengolahannya
Daging Mentah yang Sudah Dibumbui Tak Boleh Lama-Lama di Lemari Es, Ini Alasannya
Penyakit Bukan Datang dari Daging Namun dari Cara Pengolahannya
Demi Jaga Kesehatan, Penting untuk Mengetahui Keadaan Jajanan yang Dikonsumsi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini