Ini Alasan Mengapa Anak Belajar Duduk Terlebih Dahulu Sebelum Berdiri

Selasa, 30 Juni 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Alasan Mengapa Anak Belajar Duduk Terlebih Dahulu Sebelum Berdiri Ilustrasi bayi. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Melanie DeFazio

Merdeka.com - Selama ini umumnya perkembangan anak terjadi pada bagian atas terlebih dahulu dibanding bagian bawah. Pada bayi, hal ini berarti bahwa anak tidak akan bisa berjalan jika bahkan dia masih belum mampu duduk.

"Dari atas ke bawah dan ini arah perkembangan yang tidak akan terbalik. Artinya kalau anak belum bisa duduk tidak realistis untuk kita berharap anak langsung bisa berdiri dan jalan," ujar dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang pediatri sosial di RS Pondok Indah - Pondok Indah, Catharine Mayung Sambo dalam webinar beberapa waktu lalu, dilansir dari Antara.

Dia mengatakan, panggul berada di bagian bawah tubuh. Anak harus mantap dulu bisa duduk baru dia akan belajar mencari pegangan untuk berdiri sendiri.

Perkembangan lain misalnya kemampuan menunjuk sesuatu. Menurut Catharine, keterampilan ini biasanya terlihat saat anak berusia satu tahun dan setelah dia mampu memiringkan badannya ke kanan dan kiri lalu tengkurap secara bolak-balik.

1 dari 1 halaman

"Biasanya dibahas dulu kemampuan anak mengangkat kepala misalnya kemudian dia bisa miring kiri dan kanan, tengkurap bolak-balik, memakai semua otot batang tubuh. Lama-lama kita bicara dia sudah bisa menjepit atau belum, menunjuk atau belum. Ini keterampilan yang akan terlihat sekitar usia satu tahun," kata dia.

"Ini pola arah perkembangan yang tak akan tertukar. Jadi, jika anak belum lancar tengkurap bolak-balik, kita tidak akan banyak tanya apakah dia bisa menunjuk atau belum," sambung Catharine.

Catharine juga mengingatkan bahwa kecepatan perkembangan dan pertumbuhan setiap anak berbeda-beda. Tugas orangtua hanya memantau seberapa cepat proses dan kemajuan mereka. [RWP]

Baca juga:
Kenali Kapan Anak Mulai Tampak Sebagai Pribadi yang Mandiri
Benarkah Semakin Besar Bayi Berarti Semakin Sehat?
Kenali Manfaat Penting dari Fase Merangkak pada Anak-Anak
Hindari Terlalu Sering Melarang Anak Kecuali pada Berbagai Kondisi Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini