Ini alasan kenapa kamu tak boleh minum jus campuran wortel dan jeruk

Senin, 17 Juli 2017 13:26 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi jus wortel. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Kafer photo

Merdeka.com - Tidak semua kombinasi makanan aman untuk kamu konsumsi. Beberapa kombinasi makanan bisa memberikan efek samping tak baik untuk tubuh. Contohnya adalah jeruk dan wortel. Sebabnya jeruk tinggi akan asam yang sebaiknya tidak dikonsumsi dengan buah lainnya. Mengonsumsi kombinasi jeruk dan wortel bisa memberikan masalah pencernaan dan menyebabkan kenaikan asam lambung, mulas, dan bahkan masalah ginjal.

Selain jeruk dan wortel, ini beberapa contoh makanan lainnya yang tak boleh kamu konsumsi secara bersamaan.

Susu dan nanas
Saat kamu mengonsumsi susu dan nanas secara bersama-sama, kamu bisa menderita efek samping tertentu seperti mual, infeksi, diare, sakit kepala, dan bahkan sakit perut. Sebabnya kombinasi bromelain dalam nanas dan asam laktat dalam susu tidak bisa bercampur dengan baik dalam tubuh.

Puding dan pisang
Tubuh akan kesulitan untuk mencerna puding dan pisang secara bersama-sama. Sehingga akan memberikan efek samping yaitu mengantuk.

Pisang dan jambu
Mual, sakit kepala, asidosis, dan masalah gas dalam perut adalah beberapa efek samping dari konsumsi pisang dan jambu secara bersama-sama.

Lemon dan pepaya
Beberapa sumber kesehatan mengatakan bahwa kombinasi dari lemon dan pepaya bisa membuat orang menjadi anemia.

Susu dan jeruk
Susu dan jeruk sama-sama berat untuk dicerna oleh tubuh. Jadi sangat tidak baik jika kamu mengonsumsinya secara bersama-sama.

Sayur dan buah
Sayur dan buah memang sehat. Namun bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya bersama-sama. Sebabnya buah mengandung gula dan butuh waktu lama untuk dicerna. Sementara sayuran juga lambat untuk dicerna. Sehingga mengonsumsi keduanya akan menyebabkan perut bergas, diare, dan sakit kepala. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.