Ini 9 manfaat kesehatan yang ada di dalam daun mint

Rabu, 28 Mei 2014 17:37 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini 9 manfaat kesehatan yang ada di dalam daun mint Ilustrasi daun mint. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/ittipon

Merdeka.com - Daun mint telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun sayangnya masih sedikit manfaat yang tersingkap dari daun berwarna hijau ini.

Berikut adalah manfaat sehatnya seperti dilansir dari magforwomen.com.

Menyehatkan sistem pencernaan

Daun mint bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan perut yang terkait masalah usus dan kram menstruasi. Daun mint juga mampu memberikan efek relaksasi pada perut Anda.

Meredakan hidung tersumbat

Hidung tersumbat biasanya terjadi ketika Anda sedang pilek atau alergi. Namun hal ini dapat diredakan dengan mencium aroma mint sebab bahan terbesar dari daun mint adalah mentol yang mampu melegakan pernapasan Anda.

Menyembuhkan gatal

Krim yang terbuat dari daun mint dapat digunakan untuk mengobati gatal dan ruam di kulit. Krim ini juga mampu menenangkan kulit yang terinfeksi.

Meningkatkan konsentrasi

Sebuah studi menemukan bahwa mencium aroma mint dapat berkaitan erat dengan peningkatan konsentrasi. Selain itu mencium aroma mint juga dapat meningkatkan kapasitas memori, fokus, serta kinerja Anda.

Mengobati tuberkulosis

Daun memiliki sifat anti inflamasi yang membantu dalam mengurangi peradangan akibat TBC. Penelitian juga menunjukkan bahwa menghirup aroma mint mampu mencegah kambuhnya penyakit ini.

Mencegah kanker

Daun mint mengandung zat alami phytonutrient yang dapat mencegah kanker. Daun mint juga bermanfaat sebagai obat herbal yang mampu melindungi Anda dari kanker paru-paru, kanker kulit, dan kanker usus besar.

Meningkatkan kesehatan mulut

Daun mint adalah bahan yang banyak ditemukan dalam produk kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan karena daun mint kaya akan bahan alami yang membantu mencegah karies gigi, mencegah bau mulut, dan memutihkan gigi.

Mengobati sakit kepala

Ketika Anda sedang sakit kepala, pijatlah kepala Anda dengan minyak mint. Sebab minyak ini mampu meringankan rasa sakit kepala Anda serta menghirup aromanya dapat mengurangi sakit kepala.

Mengurangi nyeri otot

Nyeri otot adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa disembuhkan dengan pijatan menggunakan minyak yang terbuat dari daun mint. Sebab kandungan alami di dalamnya dapat menenangkan saraf dan otot yang tegang.

Daun mint banyak diolah menjadi bahan obat kesehatan. Bisa menjadi minyak pijat, minyak aroma terapi, atau teh. Oleh karena itu tingkatkan kesehatan Anda dengan si imut ini.

BACA JUGA:
{news_title}
[feb]

Baca juga:
Lakukan 5 langkah mudah ini untuk jaga kesehatan lever

BACA JUGA:
{news_title}

Ini 4 cara realistis untuk hentikan kebiasaan merokok

Lakukan 7 kebiasaan baik saat makan ini demi kesehatan

Melihat ke 5 warna ini bikin mata jadi segar

BACA JUGA:
{news_title}

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini