Ini 7 alasan kenapa vitamin B12 penting untuk kesehatan

Jumat, 30 Mei 2014 11:44 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini 7 alasan kenapa vitamin B12 penting untuk kesehatan Ilustrasi obat. Shutterstock/Poprotskiy Alexey

Merdeka.com - Menurut sebuah penelitian seperti dilansir dari magforwomen.com, saat ini banyak anak-anak dan orang dewasa yang mengalami kekurangan vitamin. Dan salah satu jenis vitamin yang jarang dikonsumsi adalah vitamin B12. Vitamin ini, dalam bentuk alami banyak ditemukan pada makanan yang berbasis produk hewani.

Berikut adalah alasan pentingnya kenapa Anda harus memenuhi kebutuhan vitamin B12.

Menyehatkan fungsi keseluruhan tubuh

Vitamin b12 dikenal sebagai vitamin yang mampu membantu dalam meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh yang meliputi penyerapan dan pencernaan makanan, penyerapan dan penggunaan zat besi, serta peningkatkan metabolisme.

Menyehatkan sistem saraf

Vitamin B12 memastikan sistem saraf Anda bertumbuh dan berkembang dengan sehat. Dengan kata lain, mengonsumsi vitamin ini membantu dalam menjaga kesehatan sistem saraf Anda.

Membantu dalam pembentukan sel

Vitamin B12 berfungsi untuk mengatur pembentukan sel darah merah serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

Menjaga kesehatan reproduksi wanita

Wanita wajib untuk mengonsumsi vitamin b12 sebab vitamin ini mampu memperkuat sistem reproduksi Anda, mengatur suasana hati ketika sedang menstruasi, dan menguatkan janin Anda.

Meningkatkan kemampuan kognitif

Vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif Anda, meningkatkan konsentrasi, serta daya pikir Anda.

Mencegah anemia

Anemia terjadi ketika tubuh Anda kekurangan sel-sel darah merah dalam jumlah besar. Hal ini dapat terjadi karena tubuh Anda kekurangan vitamin B12. Oleh karena itu mengonsumsi vitamin ini mampu membantu Anda dalam mencegah anemia.

Memainkan peran penting dalam produksi melatonin

Melatonin diperlukan agar sistem keseluruhan tubuh Anda berjalan dengan baik dan mampu menjaga kualitas tidur Anda. Melatonin akan menurun seiring dengan pertambahan usia Anda. Sehingga Anda perlu mengonsumsi vitamin B12 agar kesehatan melatonin tetap terjaga.

Walaupun vitamin B12 banyak ditemukan dalam makanan hewani, namun para vegan tetap bisa mendapatkan vitamin ini dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup bukan? [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini