Ini 6 akibat jika kamu tidak menjaga kebersihan bumi

Selasa, 26 April 2016 10:17 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini 6 akibat jika kamu tidak menjaga kebersihan bumi Ilustrasi polusi udara. Shutterstock/Hung Chung Chih

Merdeka.com - Bumi adalah tempatmu untuk tinggal. Karena bumi adalah tempat tinggal, maka kamu sebagai manusia yang tinggal di dalamnya berkewajiban untuk menjaga kebersihan dan keindahannya.

Tak hanya berdampak pada pencemaran lingkungan saja, saat bumi sedang sakit maka tubuh manusia pun juga bisa sakit. Dilansir boldsky.com, berikut adalah gangguan kesehatan yang akan terjadi pada tubuh manusia jika kebersihan bumi tidak dijaga.

Polusi udara

Tahukah kamu bahwa udara yang tercemar bisa mempengaruhi umur kamu? Udara yang dipenuhi dengan asap serta karsinogen bisa membunuh atau memperpendek usia kamu lebih cepat dibandingkan saat kamu sedang merokok.

Air terkontaminasi

Air yang terkontaminasi oleh racun juga bisa mengganggu kualitas hidupmu. Tak hanya membahayakan untuk manusia, air yang terkontaminasi limbah beracun juga bisa membahayakan kesehatan hewan.

Deforestasi

Deforestasi atau penggundulan hutan tak hanya menyebabkan banjir. Namun saat jumlah pepohonan semakin menipis maka kehidupan makhluk hidup pun akan terancam.

Penggunaan plastik

Diet kantong plastik yang diterapkan di Indonesia semata-mata untuk kesehatan lingkungan. Sebab plastik adalah bahan yang sulit untuk diurai. Selain mengotori, kandungan bahan kimia di dalamnya juga berdampak buruk untuk kesehatan tanah yang kemudian mempengaruhi kesehatan manusia.

Pemanasan global

Penggunaan kendaraan dalam jumlah yang banyak senantiasa terus meningkat saat ini. Hasilnya, tak hanya polusi udara yang makin bertambah, pemanasan global juga terjadi yang membuat bumi semakin bertambah panas,

Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Tahukah kamu bahwa sistem kekebalan tubuh ikut menurun saat bumi semakin tidak sehat? Hal ini diketahui dari banyaknya penelitian yang menemukan bahwa tingkat sistem kekebalan tubuh menurun karena buruknya kualitas udara dan air.

Selain dampak buruk di atas, ada satu lagi kebiasaan yang umum dilakukan manusia jaman sekarang yang berdampak buruk pada kesehatan yaitu penggunaan gadget secara berlebihan di mana radiasi serta radiasi wifi yang digunakan mampu menurunkan kesehatan dengan contoh mudahnya muncul rasa sakit kepala. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini