Ini 5 gangguan kesehatan yang kerap muncul di bulan puasa

Jumat, 11 Mei 2018 09:44 Reporter : Merdeka
Ini 5 gangguan kesehatan yang kerap muncul di bulan puasa Ilustrasi dehidrasi. Shutterstock/Maridav

Merdeka.com - Pekan depan, bulan Ramadan akan tiba. Dalam sebulan penuh, umat Muslim akan berpuasa.

Beberapa penelitian memang membuktikan bahwa kegiatan berpuasa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan juga mengurangi resiko penuaan dan penyakit berbahaya.

Tapi faktanya tidak jarang pula beberapa orang yang mengalami gangguan kesehatan saat berpuasa. Mungkin hal ini dikarenakan tubuh kita kaget akibat perubahan pola makan yang tiba-tiba. Yang biasanya makan tiga kali sehari di waktu pagi, siang, dan malam.

Saat bulan puasa menjadi makan setidaknya dua kali sehari, yakni saat maghrib dan sahur. Untuk menyiapkan diri menyambut bulan Ramadan, Anda perlu mengetahui beberapa gangguan kesehatan yang biasa ditemui saat bulan puasa.

Dehidrasi

Memang tidak bisa dipungkiri cairan tubuh selama berpuasa akan berkurang drastis. Kekurangan cairan akan menyebabkan bibir dan kulit kering hingga dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi, hindari minuman manis saat sahur dan kurangi aktivitas fisik di luar ruangan.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini