Ibu depresi bikin anak rentan obesitas

Jumat, 12 Juli 2013 18:05 Reporter : Kun Sila Ananda
Ibu depresi bikin anak rentan obesitas Ilustrasi wanita depresi. ©Shutterstock.com/ Karuka

Merdeka.com - Selain berpengaruh terhadap kesehatan mental, depresi yang diderita seorang ibu juga bisa mempengaruhi kesehatan anaknya. Sebuah penelitian di Children's Hospital, Montefiore menunjukkan bahwa ibu yang mengalami depresi lebih berkemungkinan memiliki anak yang kelebihan berat badan atau obesitas

"Hal ini menunjukkan bahwa depresi tak hanya berpengaruh terhadap keadaan mental anak, tetapi juga kesehatan fisik mereka," ungkap ketua penelitian Dr Rachel Gross, seperti dilansir oleh NY Daily News (10/07).

Penelitian ini menemukan bahwa anak yang memiliki ibu depresi lebih berkemungkinan untuk makan di luar, melewatkan sarapan, atau tidak makan bersama keluarganya. Selain itu, anak juga lebih sedikit bermain dan kurang waktu tidur.

Gross berpendapat bahwa ibu yang sering mengalami depresi sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter dan membicarakan keadaannya dengan dokter anak mereka. Anak yang sudah kelebihan berat badan akan cenderung menjadi orang dewasa yang obesitas.

Selain segera menangani depresi, ibu sebaiknya lebih memperhatikan kesehatan anak mereka dengan mengajak anak olahraga atau mengawasi makanan yang dikonsumsi oleh anak mereka. [kun]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini