Hindari Hilangnya Nutrisi, Begini Cara Tepat Olah Kedelai Menurut Pakar Gizi

Kamis, 24 September 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Hindari Hilangnya Nutrisi, Begini Cara Tepat Olah Kedelai Menurut Pakar Gizi Ilustrasi kedelai. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Salah satu makanan sehat yang banyak dikonsumsi di Indonesia adalah kedelai. Makanan ini biasa diolah menjadi tahu atau tempe dan merupakan sumber protein yang populer di Indonesia.

Dr. Rimbawan, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan bahwa faktor pengolahan penting agar manfaat kesehatan dari kedelai bisa secara maksimal didapatkan oleh tubuh.

"Pemanasan suhu tinggi akan mengurangi kadar protein, juga bisa mengurangi kadar isoflavon," kata Rimbawan beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, pada produk pangan secara umum pengolahan dengan panas dan tekanan tinggi memang akan mengurangi gizi makanan.

"Sehingga yang kami sarankan adalah bentuk-bentuk produk yang tidak digoreng menggunakan minyak yang sangat banyak tentunya. Itu akan mengurangi risiko berkurangnya zat gizi," tambah Ketua Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB tersebut.

Baca Selanjutnya: Hindari Proses Pemanasan Terlalu Tinggi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini