Hindari 6 makanan penyebab stres!

Senin, 22 Juli 2013 22:09 Reporter : Rizqi Adnamazida
Hindari 6 makanan penyebab stres! Ilustrasi gula. ©Shutterstock.com/saurabhpbhoyar

Merdeka.com - Beberapa makanan punya sifat meningkatkan kadar hormon cortisol - penyebab stres. Jika tidak ingin suasana hati selalu buruk, sebaiknya hindari makanan penyebab stres seperti yang dilansir dari All Women Stalk berikut ini.

Lemak jenuh

Lemak jenuh bukan cuma meningkatkan kolesterol dalam tubuh, tetapi juga memicu produksi hormon cortisol berlebih yang memicu stres.

Gula yang dimurnikan

Gula dalam bentuk apapun, terutama yang dimurnikan, membuat gula darah meningkat drastis jika dikonsumsi berlebihan. Jika terbiasa dimakan, tubuh bisa kecanduan dan mengeluarkan hormon cortisol sampai Anda memuaskannya dengan makan lebih banyak.

Kafein

Kopi sebenarnya menyehatkan. Namun kandungan kafein di dalamnya perlu diwaspadai. Sebab konsumsi kafein bisa memicu stres dan memperburuk suasana hati.

Rendah serat

Mengonsumsi makanan yang rendah serat membuat perut mudah lapar, sehingga Anda cenderung sensitif dan pemarah. Selain itu, pencernaan juga kurang lancar akibat asupan serat yang terlalu sedikit.

Alkohol

Alkohol adalah racun bagi hati karena tubuh tidak mampu memecah senyawa di dalamnya. Akibatnya, organ tubuh merasa stres dan mengeluarkan hormon cortisol sebagai bentuk protes.

Gandum yang dimurnikan

Hampir sama seperti gula, gandum yang dimurnikan sebaiknya dijauhi. Lebih baik pilih gandum utuh yang jauh lebih menyehatkan dan tidak memicu stres.

Itulah berbagai makanan yang menyebabkan kadar hormon cortisol meningkat dan memicu stres. Sebaiknya jangan mengonsumsinya berlebihan ya!

Baca juga:

Peppermint, herba alami penyegar bau mulut

3 Jenis makanan yang harus dikonsumsi saat sahur

5 Alasan untuk konsumsi probiotik setiap hari

[Resep] Jus segar ini ampuh turunkan kolesterol

8 Alasan penting untuk makan daging [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Stres Dan Depresi
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini