Hindari 5 cara memasak yang tidak sehat ini!

Minggu, 9 Maret 2014 07:04 Reporter : Kun Sila Ananda
Hindari 5 cara memasak yang tidak sehat ini! Ilustrasi memasak. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Makanan yang sehat tak hanya ditentukan oleh kualitas bahan makanan, namun juga bagaimana cara seseorang memasaknya. Untuk itu, proses pengolahan makanan tak bisa dianggap enteng. Anda juga harus memperhatikan cara memasak yang sehat untuk bisa menghidangkan makanan yang menyehatkan.

Sayangnya, banyak orang yang masih tak mengetahui cara-cara memasak yang tidak menyehatkan. Memasak dengan cara yang salah akan membuat semua nutrisi dalam makanan menjadi sia-sia. Bahan makanan yang seharusnya sehat pun menjadi tak sehat hanya karena cara memasak yang salah.

untuk itu, sangat penting mengetahui cara memasak yang sebaiknya dihindari. Berikut adalah beberapa cara memasak yang bisa membuat masakan Anda menjadi tak sehat, seperti dilansir oleh Boldsky (08/03).

1 dari 5 halaman

Menggoreng dalam minyak panas

Ilustrasi makanan gorengan. ©Shutterstock/airdone

Menggoreng dengan menggunakan banyak minyak dan mencelupkan makanan ke minyak panas disebut juga sebagai teknik memasak deep fry. Cara memasak ini merupakan salah satu cara memasak paling tak sehat yang dilakukan banyak orang. Memasak dengan cara ini akan meningkatkan jumlah lemak jenuh pada makanan yang sedang dimasak. Makanan yang dimasak dengan cara ini biasanya menjadi penyebab meningkatnya berat badan dan kolesterol.

Hindari mengonsumsi makanan yang dimasak dengan cara ini, terutama jika Anda membelinya di luar. Karena Anda tak mengetahui kualitas minyak yang digunakan. Mengonsumsi makanan yang dimasak dengan cara ini, terutama jika dalam minyak dengan kualitas buruk tak hanya meningkatkan kolesterol, tetapi juga bisa membuat Anda terkena infeksi perut. Jika Anda tak bisa menghindari cara memasak ini, pastikan Anda menghilangkan dan menyerap minyak dari makanan dengan tissue atau serbet sebelum memakannya.

2 dari 5 halaman

Menggunakan arang

Ilustrasi memanggang daging. ©Shutterstock.com/FikMik

Arang biasanya digunakan untuk memasak barbeque atau makanan panggang lainnya. Ya, tentu saja makanan barbeque dan makanan yang dibakar lainnya terasa nikmat. Namun cara memasak ini juga bisa buruk untuk kesehatan. Arang diketahui mengandung zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker dalam waktu yang lama.

Tak hanya itu, asap yang dihasilkan oleh arang ketika Anda memasak ala barbeque juga bisa menyebabkan penyakit pernapasan. Jika Anda ingin melakukan barbeque, sebaiknya ganti arang dengan alat barbeque listrik yang lebih menyehatkan dan ramah lingkungan. Ya, karena selain bisa mengganggu pernapasan asap arang juga menyebabkan polusi.

3 dari 5 halaman

Menggunakan plastik dalam microwave

Ilustrasi menggunakan microwave. ©Shutterstock.com/Goodluz

Hindari menggunakan plastik atau wadah plastik ketika Anda memasak menggunakan microwave. Wadah plastik atau pembungkus plastik memiliki zat di dalamnya yang bisa menyebabkan kanker atau mengganggu kesehatan manusia. Makanan yang dibungkus plastik sebaiknya tak langsung dipanaskan ketika masih terbungkus seperti itu.

Kebiasaan kecil yang tampak tak berbahaya ini bisa jadi justru menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan Anda. Jadi ketika menggunakan microwave, hindari menggunakan wadah plastik atau pembungkus plastik. Keluarkan dulu makanan dari wadah plastik, baru panaskan menggunakan wadah yang lebih aman dan tahan panas.

4 dari 5 halaman

Mencuci sayuran

Ilustrasi sayuran. ©Shutterstock/YanLev

Tentu saja sayuran harus dicuci agar bersih dari kotoran yang ada di dalamnya. Namun perhatikan bagaimana cara mencuci sayuran dengan benar. Sayuran harus dicuci ketika masih utuh dengan kulitnya. Ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran pada sayuran. Namun ketika sayuran sudah dipotong, sebaiknya jangan mencucinya, karena ini bisa menghilangkan nutrisi dan mineral yang ada di dalamnya.

Jika Anda memotong sayuran dulu lalu mencucinya, bisa dipastikan Anda kehilangan banyak nutrisi dari sayuran tersebut. Selain itu, perhatikan juga kulit sayur dan buah yang sebenarnya bisa dikonsumsi dan mengandung banyak nutrisi. Di antaranya adalah kulit apel, kentang, dan lainnya.

5 dari 5 halaman

Menggoreng di teflon

Ilustrasi menggoreng daging. ©shutterstock.com/ason

Menggoreng di teflon atau disebut dengan pan fry juga sama tak sehatnya dengan deep fry. Cara memasak ini bisa meningkatkan jumlah lemak jenuh dalam makanan. Tak hanya itu, cara ini juga meningkatkan jumlah kolesterol yang Anda konsumsi. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan-makanan yang digoreng, apapun cara menggorengnya. Bukan berarti Anda harus benar-benar meninggalkannya, namun sebaiknya kontrol jumlah makanan gorengan yang Anda konsumsi.

Itulah beberapa cara memasak yang tak sehat dan sebaiknya tak sering Anda lakukan untuk menghidangkan masakan. Cara memasak di atas akan membuat bahan makanan yang penuh nutrisi menjadi sia-sia dan tak memberikan manfaat kesehatan bagi Anda. [kun]

Baca juga:
Haruskah mengganti sikat gigi yang digunakan saat sakit?
Ini cara paling mudah untuk meredakan stres!
Hindari melakukan 8 hal ini saat sedang sakit kepala

Topik berita Terkait:
  1. Tips Sehat
  2. Makanan Sehat
  3. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini