Hilangnya Nafsu Makan pada Lansia Bisa Disebabkan Penyakit dan Kesepian

Senin, 26 Oktober 2020 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Hilangnya Nafsu Makan pada Lansia Bisa Disebabkan Penyakit dan Kesepian Ilustrasi Orang Tua. ©CC0 Public Domain

Merdeka.com - Masalah hilangnya nafsu makan pada seseorang lanjut usia (lansia) merupakan hal yang tak boleh disepelekan. Kondisi ini bisa terjadi pada lansia akibat berbagai masalah seperti penyakit atau kesepian.

Konsultan geriatri Dr. dr. Czeresna Heriawan Soejono, SpPD-KGer, MEpid, MPH menerangkan tentang berbagai penyebab yang membuat kelompok lanjut usia (lansia) mengalami kesulitan makan.

Menurutnya, kesulitan makan sering terjadi pada lansia dengan penyebab yang beragam. Salah satu penyebab yang sangat mungkin terjadi pada lansia adalah masalah sembelit.

Dalam kondisi ini, lansia tidak merasa lapar karena lambungnya lambat kosong dan makanan lebih lama tinggal di lambung. Dengan demikian, nafsu makan berkurang dan asupan makanan pun rendah.

“Demikian pula pada pasien yang memiliki gangguan kognitif yang kita sebut sebagai pikun atau demensia. Ini menyulitkan keluarga juga karena lansia lupa bahwa dirinya harus makan. Konsep tentang waktu hilang jadi waktu makan pagi, siang, malam sudah tidak ada lagi dalam pikirannya,” ujar Czeresna beberapa waktu lalu.

Masalah makan pada lansia juga dapat dipengaruhi oleh perlakuan anak atau pendampingnya yang kurang memerhatikan kebutuhan gerak lansia.

“Lansia disuruh duduk manis saja di depan TV, ada kalanya hal tersebut tidak selalu benar. Mereka perlu aktivitas. Jadi usia lanjut yang kurang aktivitas dan malas bergerak itu tentu kebutuhan energinya menjadi lebih rendah dengan demikian maka asupan makanannya pun tidak mudah untuk dirangsang,” terangnya.

Anak atau pendamping memiliki peran penting untuk menyusun struktur kegiatan yang menyenangkan bagi lansia untuk menjaga mereka tetap bergerak. Terlebih, otot-otot manusia berada di anggota gerak sehingga lansia harus tetap bergerak secara teratur sesuai kondisi dan kemampuan masing-masing.

Baca Selanjutnya: Akibat Kanker dan Kesepian...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Lansia
  3. Fakta Kesehatan
  4. Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini