Hendak Melakukan Salat Idulfitri, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Rabu, 12 Mei 2021 09:17 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Hendak Melakukan Salat Idulfitri, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Ilustrasi Salat Berjamaah. Pinterest ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Hari kemenangan Idulfitri sudah berada di depan mata kita. Beberapa daerah melarang masyarakatnya untuk melakukan salat Idulfitri secara berjamaah namun sejumlah daerah lainnya tetap membolehkan masyarakat untuk salat Idulfitri berjamaah.

Sebelum memutuskan untuk salat Idul Fitri secara berjamaah, dokter menyarankan untuk memastikan diri betul-betul sehat dan bebas dari COVID-19 demi kepentingan bersama.

"Bila seseorang dapat mengikuti solat Id berjamaah tanpa ada kekhawatiran mengenai kondisi kesehatan atau daya tahan tubuhnya sehingga dapat terkena virus COVID-19, maka dia boleh melakukannya dengan memperhatikan beberapa hal," kata dokter Ichwan Zuanto beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Dokter umum yang mengambil Program Pendidikan Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak, dan Vaskular Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia ini menyarankan orang yang ingin salat Id berjamaah untuk mengikuti tes usap cepat (rapid test) atau tes usap PCR.

"Gunanya meyakinkan diri sendiri bahwa kita bebas dari COVID-19," terangnya.

Penting juga untuk memilih tempat salat yang terbuka di luar ruangan, seperti di lapangan di mana jarak antar jamaah diatur kurang lebih 1,5 meter hingga 2 meter. Jamaah juga harus pandai memilih tempat ibadah yang sudah menerapkan protokol kesehatan untuk menekan risiko penyebaran virus.

Baca Selanjutnya: Hal yang Harus Diperhatikan dari...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini