Hendak Melakukan Diet secara Mandiri di Rumah, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Selasa, 20 Oktober 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Hendak Melakukan Diet secara Mandiri di Rumah, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Ilustrasi diet. ©Shutterstock/Indigo Fish

Merdeka.com - Pada saat menghabiskan banyak waktu di rumah seperti sekarang ini, banyak orang yang merasa semakin gemuk dan ingin melakukan diet. Namun sebenarnya, jenis diet apa yang aman untuk dilakukan secara mandiri di rumah?

Diet rendah kalori disarankan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan secara mandiri di rumah tanpa berkonsultasi kepada dokter.

"Tanpa supervisi, amannya low calory diet," kata dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah - Pondok Indah Juwalita Surapsari beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Mengatur pola makan dengan jumlah 1200 - 1500 kalori masih aman untuk diet yang dilakukan sendirian. Salah satu cara yang mudah untuk mengetahui porsi yang dibutuhkan adalah dengan mengatur makanan di atas piring saji.

Buatlah batas imajiner sehingga piring terbagi menjadi empat bagian. Seperempat diisi dengan sayur, seperempat diisi buah, sisanya diisi dengan sumber karbohidrat dan protein. Sayur-sayuran apa pun boleh disantap, tapi ingat untuk mengolahnya secara betul.

Sebaiknya jangan mengolah sayur dengan minyak bila ingin menurunkan berat badan.

"Lalapan boleh, tapi sambal bukan termasuk ya. Sayur bening boleh, atau tumis tapi pakai air," kata Juwalita.

Baca Selanjutnya: Karbohidrat dan Protein untuk Dikonsumsi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini