KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Hati-hati, konsumsi 3 kombinasi makanan ini bisa buatmu kembung

Kamis, 10 Agustus 2017 14:40 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi pizza. ©Shutterstock/Denis Tabler

Merdeka.com - Tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan kombinasi garam dan minuman berkarbonasi bisa menyebabkan kembung? Contohnya junk food yang kemudian ditutup dengan minuman bersoda.

Bagi sebagian orang, perut kembung bisa sangat mengganggu. Selain tidak nyaman, perut kembung juga membuat perut terlihat buncit dari biasanya. Well, selain kombinasi garam dan soda, berikut adalah kombinasi makanan lainnya yang sebaiknya kamu hindari.

Protein dan protein
Kamu mungkin doyan mengonsumsi ayam goreng dengan tempe goreng yang dicocol dengan sambal. Well, nyatanya menggabungkan protein dengan protein bisa membuat perutmu jadi kembung. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengonsumsi protein hewani dengan sayuran hijau yang lebih menyehatkan untuk tubuhmu.

Buah dan protein
Buah mengandung gula sederhana yang membutuhkan waktu, meski hanya sedikit, untuk dicerna. Saat kamu mengonsumsinya dengan protein, maka akan memberatkan kerja pencernaan karena protein pun butuh waktu lama untuk dicerna. Gula dari buah akan cenderung tinggal lebih lama di perut sampai protein dipecah. Akhirnya kamu pun jadi merasakan kembung.

Susu dan zat pati
Konsumsi pizza dengan keju mozarella di atasnya memang terasa enak. Namun kedua zat ini butuh waktu lama untuk dicerna. Pati yang tidak tercerna dengan baik akan berfermentasi di perut dan membuat perutmu jadi kembung.

Lalu, bagaimana cara agar kamu bisa terhindar dari kembung yang biasanya mengganggu? Perbanyaklah konsumsi serat dari sayuran hijau. Serat akan menyerap beragam racun atau gas yang keluar dari makanan yang sulit untuk dicerna sehingga perutmu pun tidak kembung. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.