Hati-hati, ISK mampu pengaruhi kesehatan ginjal

Kamis, 9 Juli 2015 13:10 Sumber :
Hati-hati, ISK mampu pengaruhi kesehatan ginjal ilustrasi infeksi saluran kemih. © healthmuep.com

Merdeka.com - Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan

Dok, saya ingin menanyakan apakah penyakit ISK berkaitan dengan kesehatan ginjal? Sebab saya pernah mengalami sakit ISK dan sakitnya sampai perut saya rasanya tertusuk. Trus gimana cara menanggulanginya dok? Terima kasih. Diah, 25 tahun.

Jawaban

ISK atau infeksi saluran kemih dapat mempengaruhi kesehatan ginjal. Jika tidak teratasi dengan baik, maka infeksi pada saluran kemih dapat menyebar hingga ke ginjal dan menyebabkan infeksi setempat (nefritis). Apabila saat ini Anda menderita ISK, tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter untuk menentukan apa organisme penyebab infeksi dan penanganan terbaik. Selain itu, hindari kebiasaan menahan kencing dan upayakan konsumsi cairan minimal 8 gelas per hari. Perhatikan pula higienitas organ intim dengan rutin mengganti celana dalam dan tidak sembarangan menggunakan air basuh.

Dijawab oleh dr. Nina Amelia Gunawan

Minggu ini merdeka.com mengusung tema seputar kesehatan paru-paru. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke support@merdeka.com. Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini