Hanya 10 menit, ini efek merusak suplemen zat besi pada tubuh

Sabtu, 13 Februari 2016 06:01 Reporter : Siti Rutmawati
Hanya 10 menit, ini efek merusak suplemen zat besi pada tubuh ilustrasi zat besi. ©www.healthcastle.com

Merdeka.com - Sering konsumsi suplemen zat besi? Bisa dikatakan suplemen ini cukup populer, terutama di kalangan para wanita. Ini juga dipicu risiko anemia yang lebih tinggi pada wanita. Tetapi, apakah kamu tahu jika tablet zat besi yang sering kamu konsumsi bisa merusak tubuh kamu hanya dalam waktu 10 menit saja?

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari the National Heart and Lung Institute at Imperial College London menunjukkan bahwa zat besi dengan cepat menyebabkan kerusakan DNA dalam pembuluh darah. Para peneliti menemukan bahwa kadar zat besi dalam suplemen terlalu tinggi dan berbahaya.

Para peneliti memperkirakan bahwa suplemen zat besi mungkin berisi sepuluh kali lebih banyak zat besi dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi memang memainkan peran penting bagi kesehatan tubuh. Banyak wanita yang mengambil suplemen zat besi setelah kehamilan dan digunakan sebagai pengobatan untuk anemia (kondisi yang disebabkan oleh rendahnya kadar mineral dalam tubuh).

Melansir dari dailymail.co.uk, pria rata-rata membutuhkan sekitar 8,7mg zat besi sehari, dan wanita yang sedang menstruasi membutuhkan sekitar 14,8 mg sehari. Dalam makanan yang dikonsumsi, sekitar 100mg steak mengandung 3mg zat besi sedangkan 100gr bayam mengandung 2.7mg zat besi.

Ini menunjukkan bahwa akan sulit untuk mendapatkan lebih dari 20mg zat besi dari makanan. Sedangkan suplemen zat besi rendah mengandung sekitar 14mg yang setara dengan kebutuhan zat besi perhari.Tetapi, jika seseorang memiliki anemia, dokter biasanya akan meresepkan suplemen zat besi dosis tinggi yang berisi sekitar 65mg zat besi.

Para peneliti mencoba menguji efek dosis tinggi mineral seperti zat besi pada sel endotel manusia di laboratorium. Ini adalah sel yang melapisi arteri dan vena. Dalam penelitian tersebut, para peneliti memperlakukan sel-sel dengan larutan zat besi yang sebanding dengan zat besi dalam darah setelah mengambil satu resep tablet zat besi. [SRA]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini