Hai pasien diabetes, kontrol gula darah dengan 8 buah ini!

Kamis, 5 November 2015 15:39 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Hai pasien diabetes, kontrol gula darah dengan 8 buah ini! Ilustrasi buah. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/StudioSmart

Merdeka.com - Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Ketika penyakit ini hinggap dalam tubuh Anda, maka dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti kerusakan saraf, sirkulasi darah yang buruk, gagal ginjal, stroke, kebutaan, gangguan pendengaran, hingga serangan jantung.

Saat seseorang sudah terkena diabetes, mereka pun harus lebih memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Para pasien diabetes diharapkan untuk lebih berhati-hati pada makanan yang tinggi lemak, kalori, hingga gula. Bahkan buah yang selama ini dianggap rendah kalori bisa jadi membahayakan kesehatan pasien diabetes.

Namun Anda tak perlu khawatir. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa buah-buahan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi pasien diabetes.

Grapefruit

Grapefruit merupakan salah satu contoh buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sekitar 91% dari buah ini mengandung air. Selain itu grapefruit juga mengandung naringenin yang merupakan flavonoid yang bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Stroberi

Sekitar 92% dari buah stroberi mengandung air. Buah ini pun sarat akan vitamin, antioksidan, dan serta yang membantu untuk mengontrol diabetes tubuh. Karena buah stroberi mampu menjaga perut agar tetap penuh, maka Anda akan terhindar dari kebiasaan ngemil yang membahayakan kadar gula darah Anda.

Jeruk

Selain grapefruit, buah jeruk sendiri juga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jeruk kaya akan serat, rendah gula, tinggi vitamin C, dan thiamin yang membantu untuk mengontrol kadar gula darah. Sekitar 87% dari buah jeruk mengandung air dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi siapa saja.

Ceri

Ceri rendah akan kadar glikemik di dalamnya. Si kecil ini kaya akan vitamin C, antioksidan, zat besi, beta karoten, kalium, folat, magnesium, dan serat. Selain itu ceri tinggi akan anthocyanin yang diyakini mampu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin sebanyak 50%. [feb] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini