Gusi berdarah? Segera lakukan 4 hal ini!

Senin, 4 Agustus 2014 10:32 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Gusi berdarah? Segera lakukan 4 hal ini! Ilustrasi gigi. Shutterstock/Mukhina Viktoriia

Merdeka.com - gusi berdarah bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami gangguan kesehatan gusi dan mulut berbahaya namun tidak Anda sadari. Salah satunya adalah apabila gusi Anda berdarah ketika sedang menyikat gigi, maka kemungkinan Anda menderita gingivitis.

Tidak perlu panik, saran kesehatan seperti dilansir dari indiatimes.com ini bisa Anda lakukan.

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh dianggap sebagai salah satu bahan alami terbaik untuk membantu mengurangi peradangan gusi dan menghentikan pendarahan. Ambil sedikit minyak cengkeh dan gosokkan pada gusi Anda yang berdarah.

Gunakan aloevera

Aloevera atau lidah buaya memiliki sejumlah bahan alami yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan gusi, penyebab gusi berdarah.

Makan sayur dan buah segar

Buah dan sayuran segar tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga untuk kesehatan gigi dan gusi. Buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan sirkulasi darah di gusi sehingga mengurangi pendarahan gusi.

Berkumur dengan garam

Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengobati gusi berdarah adalah berkumur dengan air garam. Campurkan air hangat dan garam kemudian berkumurlah.

Walaupun terlihat ringan, namun sebaiknya Anda berhati-hati dengan gejala gusi berdarah. Sebab bisa menimbulkan masalah yang serius. Untuk itu jika Anda mengalami gusi berdarah, segera lakukan langkah di atas untuk mengobatinya. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini