Gurihnya susu kedelai mengandung 4 manfaat kesehatan ini

Sabtu, 18 Oktober 2014 13:50 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi susu kedelai. Shutterstock/vanillaechoes

Merdeka.com - susu dikenal memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan. Namun sayangnya ada beberapa orang yang tidak toleran dengan protein susu. Sehingga muncul susu non hewani yang tetap kaya akan nutrisi. Salah satu jenis susu tersebut adalah susu kedelai.

Susu yang terbuat dari sari kacang kedelai ini ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari healthmeup.com, inilah manfaat minum susu kedelai secara rutin.

Rendah kalori

100ml susu kedelai hanya mengandung 45 kalori. Sehingga minum susu ini cocok bagi mereka yang sedang dalam program diet sebab selain rendah kalori, susu kedelai juga bebas lemak.

Mengandung protein baik

Kandungan protein baik dalam susu kedelai mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan tingkat kolesterol baik (HDL). Protein dalam susu kedelai ini juga baik untuk pertumbuhan otot.

Kaya nutrisi

Susu kedelai sangat kaya akan vitamin dan mineral. Secangkir susu kedelai mengandung 7 gram protein, 8 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Susu kedelai juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A, D, dan kalsium.

Mencegah kanker

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang rajin mengonsumsi susu kedelai dapat terhindar dari kanker prostat dan mencegah menopause dini bagi wanita.

Meskipun sehat, namun Anda juga harus membatasi konsumsi susu kedelai. Sebab susu kedelai mengandung phytoestrogen (zat penghasil hormon estrogen). Zat ini mampu meniru produksi hormon estrogen dalam tubuh dan menyebabkan ketidakseimbangan testosteron atau mengurangi kesuburan dan jumlah sperma p [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini