Gurihnya kaldu menyimpan 12 manfaat sehat ini

Selasa, 24 Maret 2015 11:42 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Gurihnya kaldu menyimpan 12 manfaat sehat ini Ilustrasi kaldu. mixedgreensblog.com

Merdeka.com - Kaldu merupakan salah satu bahan makanan yang tidak bisa lepas dari masakan Indonesia. Rawon, soto, dan kari merupakan beberapa contoh masakan yang menggunakan kaldu di dalamnya. Kaldu sendiri umumnya terbuat dari daging, otot, dan tulang sapi atau ayam yang direbus dalam jangka waktu lama. Tak jarang pula kaldu juga terbuat dari sayuran sehingga dinamakan sebagai kaldu vegetarian.

Ternyata selain mampu memberikan rasa gurih dan lezat pada masakan, kaldu juga menyimpan manfaat sehat di bawah ini seperti dilansir dari boldsky.com.

Mengobati diare

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi kaldu bisa menyehatkan sistem pencernaan Anda termasuk mengobati diare? Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kaldu bisa membantu untuk mengobati penyakit usus, sembelit, dan menutup luka di usus.

Melindungi kekuatan sendi

Kaldu mengandung glukosamin, kondroitin, dan zat penguat lainnya untuk sendi. Oleh karena itu mengonsumsi kaldu bisa membantu Anda agar terhindar dari osteoporosis.

Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku

Siapa yang menyangka bahwa mengonsumsi kaldu bisa membuat Anda terlihat awet muda? Hal ini disebabkan karena kaldu tinggi akan kolagen yang dapat menyehatkan kulit, rambut, dan kuku sehingga Anda terlihat awet muda.

Mengobati insomnia

Kaldu mengandung asam amino yang disebut dengan glisin. Penelitian menunjukkan bahwa zat ini mampu mengobati insomnia Anda dan meningkatkan konsentrasi serta memori.

Menguatkan tulang

Kaldu kaya akan kalsium, fosfor, dan magnesium yang dapat menggantikan kalsium tulang yang hilang. Bonusnya, tulang Anda pun akan menjadi kuat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tingginya kandungan mineral, vitamin, dan zat-zat penyembuhan lainnya membuat kaldu cocok sebagai makanan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. [feb] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini