Gravitasi bisa picu rambut jadi botak?

Kamis, 12 November 2015 19:23 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Gravitasi bisa picu rambut jadi botak? Ilustrasi botak. Shutterstock/nutsiam

Merdeka.com - Selama ini banyak orang beranggapan bahwa kebotakan disebabkan oleh rapuhnya akar rambut. Kerapuhan ini akan mengakibatkan kerontokan dan berujung pada kebotakan.

Selain rapuhnya akar rambut, ketidakseimbangan hormon yang terjadi di dalam tubuh manusia juga disebut sebagai pemicu kebotakan.

Ternyata, tidak hanya hal di atas saja yang dapat menyebabkan kebotakan. Masalah gravitasi pun dapat memicu hal yang sangat mengancam kepercayaan diri pria tersebut.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk disebutkan bahwa masalah gravitasi dengan wujud penuaan ini akan mempengaruhi tingkat produksi hormon testosteron laki-laki. Hormon testosteron yang menurun akan berdampak pada produksi lemak di kulit kepala. Folikel rambut pun harus bekerja keras untuk 'menahan' akar rambut yang ada di kulit kepala.

Apabila cadangan lemak tidak mencukupi, maka rambut pun akan mudah rontok dan berakhir dengan kebotakan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka terdapat semacam teori hormon yang disebut dengan dihidrotestosteron (DHT) yang akan merangsang pertumbuhan lemak di kulit kepala. Sehingga akar kulit kepala menjadi kuat dan Anda pun dapat terhindar dari kebotakan. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini