Ginseng ampuh atasi efek kemoterapi kanker

Jumat, 22 Juni 2012 13:06 Reporter : Kun Sila Ananda
Ginseng ampuh atasi efek kemoterapi kanker Ginseng. merdeka.com/clickbd.com

Merdeka.com - Ginseng yang memiliki rasa pahit dan aroma yang kuat telah lama diketahui memiliki khasiat untuk membangkitkan energi.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa ginseng juga bisa digunakan untuk melawan rasa lelah. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak ginseng mampu melawan kelelahan terkait dengan efek kemoterapi pada pasien kanker. Kelelahan yang dialami para pasien kanker setelah menjalani kemoterapi ini bisa jadi sangat parah hingga banyak pasien yang menyebutnya kelumpuhan.

Seperti dilaporkan oleh The New York Times, dalam sebuah penelitian acak pada 290 pasien kanker di Mayo Clinic pada tahun 2010. Hasilnya, pasien kanker yang mengonsumsi 1.000 - 2.000 mg ginseng setiap hari dilaporkan memiliki tingkat kelelahan yang lebih rendah dan memiliki lebih banyak energi setelah delapan minggu, jika dibandingkan dengan pasien yang diberikan placebo.

Pada penelitian yang lebih besar di American Society of Clinical Oncology juga mendapatkan hasil yang serupa. Pasien kanker yang diberikan 1.000 mg ginseng dua kali sehari dalam dua minggu menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam mengatasi kelelahan setelah menjalani kemoterapi jika dibandingkan dengan kelompok pasien yang diberi placebo. Namun efek mual yang dialami masih tetap sama pada kedua kelompok.

Sementara itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa ginseng bisa meredakan kelelahan pada orang yang tidak menderita kanker. Meskipun begitu, ilmuwan menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat keamanan efek jangka panjang dari penggunaan ginseng. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini