Dikira bikin gaya, deretan aksesoris ini justru nyiksa tubuh

Selasa, 8 November 2016 07:06 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Dikira bikin gaya, deretan aksesoris ini justru nyiksa tubuh ilustrasi skinny jeans. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Wanita merupakan makhluk yang tidak bisa lepas dari item fesyen. Sebabnya wanita memiliki kebutuhan untuk terlihat cantik dan enak dipandang siapa saja. Oleh karena itu wanita begitu memperhatikan baju, alas kaki, atau aksesoris yang akan dipakainya.

Namun bagaimana jadinya jika beberapa item fesyen tertentu bisa mengganggu kesehatan? Dilansir dari idiva.com, berikut adalah penjelasannya.

1 dari 6 halaman

Liontin dan gelang

gelangAksesoris penyiksa tubuh. idiva.com

Baju yang kamu pakai terkadang terkesan polos tanpa aksesoris. Maka kamu pun menambahkan aksesoris berupa gelang atau kalung dengan liontin menarik. Bahan dari aksesoris ini bisa terbuat dari logam yang mengandung nikel.

Nikel sendiri diketahui sebagai logam yang bisa menyebabkan alergi, terutama jika kamu memakainya setiap hari. Alergi yang timbul berupa gatal-gatal dan kemerahan di kulit.

2 dari 6 halaman

Body con dress

dressAksesoris penyiksa tubuh. idiva.com

Body con dress adalah jenis rok yang ketat membalut tubuh. Pemakaian rok ini bisa menciptakan siluet seksi di tubuhmu. Itulah sebabnya banyak wanita yang suka memakai dress jenis ini.

Namun penggunaan rok jenis ini secara terus-menerus bisa menciptakan tekanan di perut yang dikenal sebagai tekanan intragastrik yang mendorong munculnya asam lambung.

3 dari 6 halaman

Skinny jeans

Aksesoris penyiksa tubuh. idiva.com

Sama seperti body con dress, skinny jeans juga bisa membuat pemakainya terlihat seksi. Namun Dr Malvinder Parmar, ahli kesehatan tulang dari Kanada menemukan bahwa pemakaian celana jenis ini akan menekan saraf sensorik di bawah tulang pinggul yang menyebabkan kesemutan dan rasa seperti panas terbakar di kaki yang disebut dengan meralgia paresthetica.

Solusinya akan terhindar dari penyakit ini? Sesekali jangan memakai skinny jeans dan gantilah dengan boyfriend jeans yang memiliki bentuk lebih longgar.

4 dari 6 halaman

Thong

Aksesoris penyiksa tubuh. idiva.com

Thong adalah jenis celana dalam dengan bentuk sederhana seperti huruf T. Wanita biasanya menggunakan thong saat mereka memakai bawahan ketat sehingga tidak akan muncul garis celana dalam yang memalukan.

Namun terus-terusan memakai thong bisa menyebabkanmu terkena penyakit kelamin karena tali thong bisa melukai area vagina, menyebabkan ruam, serta menumbuhkan bakteri karena ketatnya celana dalam jenis ini.

5 dari 6 halaman

Sandal jepit

Aksesoris penyiksa tubuh. idiva.com

Sandal jepit selama ini sering dianggap sebagai alas kaki yang nyaman. Namun faktanya, terlalu sering memakai sandal jepit akan menyebabkan nyeri tumit kaki yang parah. Hal ini disebabkan karena sandal jepit tidak memiliki pendukung di lekukan kaki.

Jika kamu termasuk orang yang sulit berpisah dari sandal jepit, usahakan untuk tidak memakainya di siang hari terutama di jalanan yang keras. Serta jangan lupa untuk selalu melindungi kakimu dengan krim tabir surya karena sandal jepit adalah alas kaki yang terbuka dan menerima banyak sinar matahari.

6 dari 6 halaman

Sunglasses

Aksesoris penyiksa tubuh. idiva.com

Sunglasses berfungsi untuk melindungi mata dari paparan langsung sinar matahari yang bisa membahayakan mata. Namun penelitian dari British Osteopathic Association menunjukkan bahwa seperlima dari pengguna sunglasses di Inggris mengalami nyeri di kepala karena sunglasses yang mereka kenakan menyebabkan tekanan di leher dan kepala.

"Sunglasses yang dibeli di toko umum biasanya menyebabkan gangguan ini. Agar kamu terhindar dari rasa nyerinya, belilah sunglasses di optik yang terdaftar sehingga sunglasses tersebut nyaman digunakan."

Itulah beberapa pakaian dan aksesoris pendukungnya yang ternyata bisa menyiksa tubuh. Well, terlihat gaya memang boleh-boleh saja. Namun jangan sampai kesehatan tubuhmu terganggu karenanya. [feb]

Baca juga:
Tersiksa karena nyeri menstruasi? Minum jus daun kelor!
Perut bergelambir setelah melahirkan? Ini 7 cara untuk kencangkannya
Berniat melahirkan dengan metode water birth? Ketahui baik buruknya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini