Diet berdasarkan golongan darah ternyata cuma mitos?

Jumat, 14 November 2014 20:40 Reporter : Kun Sila Ananda
Diet berdasarkan golongan darah ternyata cuma mitos? Ilustrasi Diet. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Selama ini ada banyak jenis diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari yang menyehatkan hingga yang ekstrem. Ada juga jenis diet yang didasarkan pada hal tertentu seperti golongan darah.

Misalnya, golongan darah O yang lebih cocok mengonsumsi banyak daging sementara golongan darah A harus lebih banyak makan sayuran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2013 menunjukkan bahwa tak ada bukti yang kuat bahwa diet semacam ini bisa menurunkan berat badan atau bermanfaat untuk kesehatan.

Peneliti mengamati ribuan paper dan penelitian mengenai diet golongan darah, namun tak satu pun penelitian yang menunjukkan dengan pasti kaitan antara tipe golongan darah serta diet khusus golongan darah dengan peningkatan kesehatan atau penurunan berat badan. Peneliti menyimpulkan bahwa tak ada bukti yang menunjukkan dengan pasti bahwa diet golongan darah bermanfaat untuk kesehatan, seperti dilansir oleh Care2 (12/11).

Hasil penelitian ini mendapatkan tanggapan dari penulis buku diet khusus golongan darah. Menurutnya ada dasar ilmiah yang mendasari diet golongan darah tersebut, dan ini bisa dibuktikan dengan cara yang tepat. Sementara itu, usaha untuk membuktikan bahwa diet golongan darah ini memang bermanfaat masih belum ada hingga saat ini.

Bagaimana pendapat Anda, apakah Anda pernah melakukan diet golongan darah? [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini