Diet ala vegetarian mampu atasi hipertensi!

Selasa, 25 Februari 2014 14:11 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi vegetarian. ©Shutterstock.com/Africa Studio

Merdeka.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi tentu bukan penyakit yang asing bagi banyak orang. Seringkali orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi harus membatasi makanan yang dikonsumsi agar tak menyebabkan tekanan darah melonjak. Namun penelitian terbaru dari Jepang mengungkap bahwa salah satu jenis diet juga diketahui ampuh menurunkan tekanan darah.

Setelah melakukan pengamatan terhadap 39 penelitian terhadap 22.000 orang, peneliti menemukan bahwa vegetarian memiliki tekanan darah yang dua kali lebih rendah dibandingkan orang yang makan daging. Selain itu, mereka juga menemukan bahwa diet ala vegetarian bisa menurunkan risiko tekanan darah hingga sembilan persen dan risiko stroke hingga 14 persen.

Ketua peneliti menjelaskan bahwa diet vegetarian jenis apapun, baik itu lebih fokus pada sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, buah, atau gandum, serta diet yang memperbolehkan konsumsi produk susu, ikan, dan telur, bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah. Yang terpenting adalah tidak mengonsumsi daging, dengan kata lain menjadi vegetarian.

Topik pilihan: Vegetarian | Tekanan Darah Tinggi | Tips Diet

"Tak ada perbedaan efek yang signifikan berkaitan jenis-jenis diet yang dilakukan oleh vegetarian," ungkap ketua peneliti Yoko Yokoyama dari National Cerebral and Cardiovascular Center di Osaka, seperti dilansir oleh Health Day News (24/02).

Sayangnya penelitian ini tidak menunjukkan nutrisi apa dari diet ala vegetarian yang menyebabkan adanya perbedaan efek terhadap tekanan darah dengan orang yang memakan daging. Selain itu, karena penelitian ini berskala kecil, tampaknya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memperjelas efek diet ala vegetarian terhadap tekanan darah tinggi. [kun]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.