Diabetes Ternyata Bukan Penyebab Utama Munculnya Glaukoma

Selasa, 26 Maret 2019 13:04 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Diabetes Ternyata Bukan Penyebab Utama Munculnya Glaukoma Ilustrasi Memeriksa Mata. ©Shutterstock

Merdeka.com - Penyakit diabetes kerap disangka sebagai penyebab utama munculnya glaukoma. Namun ternyata dibates tidak menyebabkan glaukoma secara langsung.

"Diabetes memang penyakit sistemik. Organ yang paling sering diserang adalah ginjal dan mata. Makanya, bisa terkait dengan glaukoma sekunder atau glaukoma neovaskular. Tapi, diabetes bukan penyebab utamanya," tutur Emma Rusmayani, Spesialis Mata di Spumante, Jakarta Pusat.

Kaitan diabetes dan glaukoma bermula dari menjalarnya pembuluh darah ke tempat keluarnya air mata akibat gula darah yang tidak terkontrol. Sehingga menghambat aliran air mata. Akibatnya, tekanan bola mata meningkat dan memicu glaukoma.

"Ketika gula darah tidak terkontrol, tubuh akan kekurangan oksigen dan tubuh akan membuat pembuluh darah baru. Sayangnya, pembuluh darah barunya bisa tumbuh di tempat yang nggak seharusnya dan menghambat cairan mata," jelasnya.

Meskipun menyebabkan timbulnya gejala utama glaukoma, yaitu tekanan bola mata meningkat, tapi pengidap belum bisa divonis menderita penyakit tersebut.

"Tekanan bola mata yang tinggi juga belum tentu menyebabkan glaukoma. Karena 90 persen dari kasus glaukoma, tidak bergejala. Dan bisa saja karena genetik," jelasnya.

Seseorang baru bisa jelas divonis glaukoma ketika mengalami gangguan lapang pandang atau luas penghilatan yang dakibatkan kerusakan saraf mata. Lama kelamaan, luas penglihatan akan menyempit dan menyebabkan kebutaan.

Reporter: Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini