Diabetes bisa menyerang kesehatan mata? Ini 5 buktinya!

Selasa, 10 Mei 2016 15:25 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Diabetes bisa menyerang kesehatan mata? Ini 5 buktinya! Ilustrasi mata. Shutterstock/Dragon Images

Merdeka.com - Semakin hari, angka para penderita diabetes semakin banyak. Salah satu penyebabnya adalah semakin banyaknya konsumsi makanan manis atau mengandung gula tersembunyi.

Saat seseorang terkena diabetes, bisa dibilang hal ini cukup membahayakan. Sebab tak hanya menyebabkan kenaikan gula darah, diabetes juga mampu menyerang kesehatan anggota tubuh lainnya seperti mata. Berikut adalah buktinya.

Diabetes retinopati

Masalah penglihatan yang serius yang sering dihadapi oleh penderita diabetes adalah diaebetes retinopati. Penyakit ini terjadi saat gula darah mempengaruhi pembuluh darah retina yang menurunkan penglihatan.

Proliferatif retinopati

Proliferatif retinopati berawal dari diabetes retinopati yang berkembang dan kemudian menyebabkan pembengkakan serta penyumbatan pada saraf penting di mata.

Diabetes maculopathy

Masalah mata lainnya yang bisa terjadi karena diabetes adalah diabetes maculopathy. Walaupun tidak menyerang saraf mata, namun diabetes maculopathy membuat kemampuan untuk melihat berkurang kefokusannya.

Katarak

Katarak yang mengaburkan lensa mata bisa terjadi karena diabetes. Selain dengan memerangi diabetes, katarak bisa diobati dengan operasi laser.

Glaukoma

Penderita diabetes memiliki risiko yang tinggi untuk menderita glaukoma. Sebab naiknya gula darah membuat tekanan pada saraf mata meningkat karena cairan di mata tidak dapat mengalir dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan saraf dan glaukoma.

Selain gangguan mata di atas, diabetes juga mampu membuat pandangan jadi kabur, mudah silau, serta munculnya bintik-bintik merah yang terlihat mengambang. Dan jika sampai hal ini terjadi maka mengindikasikan pendarahan di mata. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini