Deretan Hal yang Bisa Menjadi Penyebab Munculnya Bau Ketiak

Senin, 29 Juni 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Deretan Hal yang Bisa Menjadi Penyebab Munculnya Bau Ketiak bau ketiak. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Bau badan yang muncul dari ketiak merupakan permasalah sehari-hari yang dialami oleh banyak orang. Kondisi ketiak yang berbau tak sedap dan berkeringat ini merupakan masalah tak ideal yang bisa mempengaruhi berbagai hal pada dirimu.

Walau masalah ini sangat mengganggu, namun ketiak yang berbau tak sedap sebenarnya bukanlah masalah.

"Kita berkeringat untuk membantu menjaga temperatur tubuh inti kita," trang pakar kesehatan kulit, Joshua Zeichner, MD, dilansir dari Women's Health.

"Kelenjar keringat bisa distimulasi oleh saraf kita dengan merespons udara panas, stres secara emosi, atau karena aktivitas yang dilakukan," sambungnya.

Munculnya bau ketiak sebenarnya disebabkan karena keringat di bagian tersebut. Keringat di ketiak ini muncul dari kelenjar apokrin yang terdapat di bagian tersebut. Keringat di ketiak cenderung memiliki bau dibanding pada bagian lain dalam tubuh.

Ketika kelejar ini mengeluarkan keringat dan berpadu dengan bakteri dari folikel, keringat yang kamu miliki mulai menjadi bau.

"Diketahui bahwa kelenjar apokrin paling berpengaruh terhadap keringat yang berhubungan dengan stres," terang dr. Zeichner.

"Pada kasus tertentu, saraf dan kelenjar keringat kita menjadi terstimulasi secara berlebihan dan memproduksi lebih banyak keringat dari yang dibutuhkan. Hal ini dikenal sebagai hyperhidrosis," sambungnya.

Walau begitu, ketika ketiakmu yang sebelumnya tidak bau walau berkeringat namun tiba-tiba menjadi berbau, sejumlah hal bisa jadi penyebabnya. Dilansir dari Women's Health, berikut sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab keringat tiba-tiba menjadi bau.

1 dari 3 halaman

Perubahan Pola Makan

"Mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah besar seperti sayuran cruciferous, bau keringat bisa muncul," terang dr. Zeichner.

Hal ini terjadi karena makanan mengandung asam seperti bawang putih memiliki kandungan yang tidak dapat dicerna tubuh secara sepenuhnya. Hal ini menyebabkan proses metabolisme melepaskan kandungan tertentu yang diuapkan dari dalam tubuh bersamaan dengan bau badan.

2 dari 3 halaman

Stres

Kondisi stres yang dialami oleh seseorang bisa sangat berpengaruh terhadap berbagai hal. Kondisi ini bahkan bisa menyebabkan seseorang mengalami bau ketiak.

Ketika tubuh mengalami stres lebih kuat dibanding biasanya, kelenjar apokrin bakal bekerja. Hal ini menyebabkan munculnya keringat berlebih di dalam tubuh dan berujung bau keringat.

3 dari 3 halaman

Kondisi Kesehatan Tertentu

Kondisi kesehatan yang kamu alami juga bisa menjadi penyebab keringat. Kondisi kesehatan yang muncul seperti gagal ginjal, penyakit liver, serta diabetes juga bisa menyebabkan munculnya bau badan.

"Bau badan tergantung dari berbagai jenis bakteri yang ditemukan di kulit serta berbagai jenis makanan yang kamu konsumsi," terang dr. Zeichner.

Makanan yang kamu konsumsi ini bahkan bisa mempengaruhi bagaimana jenis bau badan yang keluar. Oleh karena itu, memperhatikan jenis makanan juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. [RWP]

Baca juga:
Tubuh Tetap Gemuk Walau Rajin Olahraga? Ini Mungkin Penyebabnya
Pintar Matematika Bisa Buat Seseorang Lebih Mudah Berhenti Merokok
Menurut Dokter, 4 Hal Ini Perlu Dilakukan ketika Kolesterol Naik
Meningkatnya Aktivitas Fisik Bisa Membantu Mengurangi Risiko Sleep Apnea
Cegah Gangguan Psikosomatik dan Stres di Masa Pandemi Bisa Dilakukan dengan Musik

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bau Badan
  3. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini