Depresi pada Orangtua Bisa Buat Anak Kehilangan Rasa Empati pada Orang Lain

Selasa, 26 Mei 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Depresi pada Orangtua Bisa Buat Anak Kehilangan Rasa Empati pada Orang Lain ilustrasi depresi. © boldsky.com

Merdeka.com - Depresi yang dialami seseorang bisa mengakibatkan dampak sangat besar pada kesehatan mentalnya. Hal ini bahkan bisa berdampak pada menghilangnya rasa empati.

Hilangnya rasa empati yang dialami seseorang ini bahkan bisa mereka alami terhadap anak sendiri. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Vanderbilt, seperti dilansir dari Medical Xpress.

Depresi ini bisa berujung pada dampak signifikan jangka panjang bukan hanya pada seseorang yang mengalami depresi, namun juga pada anak mereka.

"Merasa dipahami dan diterima merupakan hal penting bagi setiap orang, namun hal ini lebih penting pada konteks hubungan anak dan orangtua," terang peneliti Kathryn L. Humphreys dari Vanderbilt Peabody College of education and human development.

"Penelitian menemukan bahwa ketika anak-anak tidak menerima respons empati dari pengasuh, mereka cenderung menunjukkan perasaan negataf secara beragam, termasuk meningkatnya respons psikologis pada stres, meningkatnya risiko masalah psikis terutama depresi, serta menurunnya empati pada orang lain," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Hasil penelitian ini membuktikan bahwa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini