Depresi dan Kecemasan Lebih Rentan Dialami oleh Mereka dengan Kondisi Kurang Bugar

Rabu, 18 November 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Depresi dan Kecemasan Lebih Rentan Dialami oleh Mereka dengan Kondisi Kurang Bugar Ilustrasi depresi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/hikrcn

Merdeka.com - Kebugaran merupakan salah satu hal yang harus dipertahankan seseorang. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan daya tahan yang dimiliki seseorang.

Penelitian terbaru juga menyebut bahwa hal ini ternyata juga berhubungan dengan kesehatan mental seseorang. Dilansir dari Medical Xpress, diketahui bahwa seseorang dengan kebugaran otot dan aerobik yang rendah cenderung dua kali lipat mengalami depresi.

Kebugaran yang rendah juga meningkatkan peluang kecemasan hingga 60 persen. Hal ini diungkapkan peneliti berdasar publikasi pada BMC Medicine.

"Di sini kami memberi bukti mengenai hubungan antara kesehatan fisik dan mental, serta olahraga terstruktur yang meningkatkan berbagai jenis berbeda kebugaran tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, namun juga bagi kesehatan mental," terang peneliti Aaron Kondola, kandidat doktor dari University College London (UCL).

Penelitian ini melibatkan 152.978 partisipan berusia 40 hingga 69. Dilakukan percobaan untuk mengukur daya tahan serta kebugaran otot serta diiringi dengan kuisioner yang dilakukan untuk mengetahui gejala depresi dan kecemasan.

Baca Selanjutnya: Kesehatan Fisik Pengaruhi Kondisi Mental...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini