Dari Mana Sebenarnya Kentut Berasal?

Selasa, 12 Maret 2019 16:10 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Dari Mana Sebenarnya Kentut Berasal? Ilustrasi bau kentut. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Asier Romero

Merdeka.com - Kentut merupakan salah satu hal yang alami terjadi pada tubuh kamu setiap hari. Hal ini kadang bahkan terjadi ketika kamu berusaha menahannya.

Kentut kadang bisa jadi sebuah gangguan terlebih ketika tiba-tiba terjadi di tempat ramai. Lantas kenapa sih seseorang kentut?

Dilansir dari Health Me Up, terdapat dua faktor yang menyebabkan kentut terjadi. Faktor pertama berasal dari makanan apa yang kamu konsumsi.

Ketika makanan selesai dicerna oleh enzim dan asam lambung, maka menghasilkan limbah makanan dalam bentuk hidrogen sulfida. Gas itulah yang kemudian disebut dengan kentut.

Sedangkan faktor yang kedua adalah udara yang kamu telan. Udara yang kamu telan ini masuk ke dalam tubuh saat kamu sedang makan, minum, berbicara, atau bernapas.

Setiap kentut yang dikeluarkan manusia mengandung 59 persen nitrogen, 21 persen hidrogen, 9 persen karbon dioksida, 7 persen metana dan 4 persen oksigen. Ukuran normal kentut yang dikeluarkan oleh pria ataupun wanita sebanyak 1,9 liter gas setiap hari.

Mengingat banyaknya jumlah kentut yang kamu keluarkan, ini mengapa seringkali kentut menerobos bahkan ketika kamu coba tahan. Namun patut diingat bahwa kentut ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi, jangan pernah menahan hal ini. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini