KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Cukup makan 1 apel per hari untuk cegah kegemukan

Jumat, 19 Mei 2017 18:04 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi makan apel. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - An apple a day keeps the doctor away. Itu lah pepatah lama yang diklaim benar secara ilmiah. Apel mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang bisa membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Tetapi apel ternyata tak hanya membuat tubuh sehat, melainkan juga bisa menangkal kegemukan hingga obesitas.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Washington State University menemukan bahwa zat dalam apel bisa mencegah penyakit yang berkaitan dengan obesitas. Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Food Chemistry.

"Kita tahu bahwa apel adalah sumber yang baik untuk berbagai macam nutrisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apel juga bisa membantu melawan obesitas," ungkap ahli makanan Giuliana Noratto, seperti dilansir oleh Science Daily.

Lebih spesifik, hasil ini didapatkan peneliti dengan mengamati apel jenis Granny Smith. Dalam apel ini terdapat zat yang bisa membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Ini karena apel mengandung serat alami dan polifenol, serta rendah karbohidrat. Selain itu, karena tak mudah terurai, zat ini bermanfaat untuk pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa apel jenis Granny Smith lebih baik dari apel Fuji dan lainnya dalam jumlah zat tersebut. Penemuan ini bisa membantu peneliti untuk mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan obesitas seperti peradangan kronis yang bisa berujung pada diabetes. Keseimbangan bakteri dalam usus yang meningkat karena zat dalam apel akan membantu mencegah peradangan serta obesitas.

Jadi, tunggu apa lagi? Biasakan makan apel setiap hari untuk menjaga kesehatan dan mencegah obesitas. Namun tentu makan apel saja tak cukup, kamu juga harus rajin berolahraga, menjaga pola makan dan menjalani pola hidup yang sehat. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.