Cuci tangan bisa meningkatkan rasa percaya diri

Sabtu, 26 Oktober 2013 11:04 Reporter : Rizqi Adnamazida
Cuci tangan bisa meningkatkan rasa percaya diri Ilustrasi cuci tangan. ©Shutterstock/Subbotina Anna

Merdeka.com - Cuci tangan bukan cuma bisa mengusir kuman dan bakteri penyebab penyakit, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri, demikian menurut penelitian terbaru.

Dr Kai Kaspar dari University of Cologne tepatnya menganalisis bagaimana kebersihan memengaruhi seseorang setelah mengalami hal buruk.

"Cuci tangan setelah gagal melakukan sesuatu bisa meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme," papar Dr Kaspar, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Sebanyak 98 orang terlibat dalam penelitian tersebut. Mereka kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Setelah itu, dua kelompok responden diminta menyelesaikan tugas yang sulit.

Ketika kedua kelompok itu sama-sama gagal, salah satu dari mereka diminta mencuci tangan. Kedua kelompok merasa optimis bisa mengerjakan tugas berikutnya, sementara kelompok dengan 'tangan bersih' merasa lebih optimis.

Namun ternyata, meski mencuci tangan membuat mereka lebih optimis, kelompok 'tangan bersih' justru merasa kehilangan motivasi untuk mencoba lebih keras. Hasilnya, tes berikutnya yang dilakukan tetap gagal.

"Kebersihan fisik setelah gagal memang bisa meningkatkan rasa percaya diri, tetapi menurunkan motivasi," tegas Dr Kaspar.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science.

Baca juga:
Sehatkan jantung dengan makan ikan tuna
6 Khasiat penting dari ikan salmon
Jarang konsumsi omega-3 bikin remaja mudah cemas
Asam lemak omega-3 nantinya bisa diperoleh dari bir?
Omega-3 pada ikan mampu turunkan risiko kanker payudara [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebugaran
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini