Cegukan saat Puasa? Begini Cara Mudah Mengatasinya dalam Sekejap

Minggu, 3 Mei 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Cegukan saat Puasa? Begini Cara Mudah Mengatasinya dalam Sekejap Ilustrasi Cegukan. ©Shutterstock

Merdeka.com - Kondisi puasa yang sedang dijalani umat Islam saat ini membuat mereka harus menahan makan dan minum hingga waktu berbuka. Hal ini membuat ketika kita mengalami cegukan, maka kita tak dapat melakukan beberapa hal seperti biasanya.

Cegukan yang kita alami ketika berpuasa ini bakal terasa lebih mengganggu dibanding biasanya. Terutama karena kita tidak dapat minum air seperti yang biasa kita lakukan.

Cegukan sendiri dapat dijelaskan sebagai kontraksi tiba-tiba pada diafragma yang menyebabkan ruang antar pita suara menutup sehingga menyebabkan suara 'hik' yang terjadi berulang-ulang. Cegukan ini kerap kali terjadi secara tiba-tiba dan juga hilang secara tiba-tiba walau kadang waktu yang dibutuhkan cukup lama.

Cegukan seringkali terjadi ketika kita sedang makan dengan terlalu cepat. Namun tak semua cegukan diawali oleh menyumbatnya saluran pernapasan oleh makanan.

Selain makan dengan banyak dan tergesa-gesa, sekedar pasokan oksigen berlebih pada tubuh saja bisa membuat munculnya cegukan. Selain itu makanan cabai dan bumbu tertentu dipercaya sebagai penyebab cegukan yang berujung pada pencernaan yang tak lancar.

Baca Selanjutnya: Pada saat berpuasa tanpa harus...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini