Cegah pikun di usia tua dengan rajin minum kopi

Jumat, 28 November 2014 16:43 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Cegah pikun di usia tua dengan rajin minum kopi Ilustrasi kopi. ©Shutterstock/Valentyn Volkov

Merdeka.com - kopi merupakan minuman yang dipilih oleh banyak orang untuk dikonsumsi di pagi hari. Alasannya, kandungan kafein di dalam kopi mampu memberikan suntikan energi, membuat terjaga, serta meningkatkan daya fokus Anda.

Selain manfaat tersebut, ternyata rajin minum kopi di usia muda bisa menghindarkan Anda dari penyakit pikun dan Alzheimer di usia tua. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di inggris menemukan bahwa minum 3-5 cangkir kopi setiap hari mampu menurunkan risiko Alzheimer hingga 20%.

"Senyawa di dalam kopi yang disebut dengan polifenol ternyata mampu melindungi kesehatan otak Anda sebab polifenol sendiri merupakan zat antioksidan. Sementara kafein mencegah pembentukan plak amiloid dan kerusakan neurofibrulary yang menjadi penyebab dari penyakit Alzheimer," jelas Dr Iva Holmerova, pemimpin dari organisasi Alzheimer Europe.

Walaupun kopi bisa membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun tidak berarti pula bahwa Anda harus minum kopi sebanyak-banyaknya. Sebab terlalu banyak kandungan kafein di dalam tubuh pun mampu membuat jantung Anda berdebar dan sulit untuk beristirahat. Sehingga konsumsi kopi dengan jumlah yang wajar agar kesehatan tubuh tetap terjaga. [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
  3. Kopi
  4. Manfaat Kopi
  5. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini