Cegah Mata Anak Bermasalah, Ketahui Rekomendasi Penggunaan Gawai

Jumat, 8 Oktober 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Cegah Mata Anak Bermasalah, Ketahui Rekomendasi Penggunaan Gawai Ilustrasi Anak Bermain Gawai. ©besttechie.com

Merdeka.com - Penggunaan gawai berlebih pada belakangan ini bisa menjadi penyebab terjadinya masalah pada mata anak. Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat serta bersekolah secara daring menyebabkan penggunaan gawai dalam waktu lama ini jadi tak terhindarkan.

Terkait hal ini, dokter mata konsultan di RS Mata Cicendo Bandung, Feti Karfiati Memed menerangkan terkait rekomendasi penggunaan gawai bagi anak menurut 2 studi.

“Studi LV Prasad Eye Institute India menyatakan bahwa anak di bawah usia tiga tidak diperkenankan menggunakan gawai,” ujar Feti beberapa waktu lalu.

Pada anak usia empat hingga enam, penggunaan gawai diperbolehkan dengan catatan tidak lebih dari 90 menit. Dalam 90 menit tersebut penggunaannya perlu diselingi satu kali istirahat.

Untuk anak usia tujuh hingga 12 anak-anak boleh menggunakan gawai atau gadget selama 120-180 menit dengan diselingi dua sampai tiga kali istirahat.

“Anak 12 tahun ke atas penggunaan gawainya disarankan tidak lebih dari 8 jam dan diselingi istirahat setiap 20 menit,” katanya

Baca Selanjutnya: Menurut AAP dan WHO...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini