Cara Tepat Buat Anak Terbiasa Memakai Masker Untuk Cegah Covid-19

Rabu, 24 November 2021 16:00 Reporter : Dwi Zain Musofa
Cara Tepat Buat Anak Terbiasa Memakai Masker Untuk Cegah Covid-19 Ilustrasi masker kain. ©Pexels/August de Richelieu

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia kini tengah melandai, namun kewaspadaan agar tak terpapar Covid-19 patut dijaga. Tak hanya Anda, namun anggota keluarga lainnya termasuk anak-anak harus tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, salah satunya adalah dengan memakai masker.

Makin meningkatnya aktivitas masyarakat hingga kembali dibukanya fasilitas umum seperti tempat wisata membuat mulai banyak anak-anak yang diajak keluar rumah oleh orang tuanya. Hal ini menuntut orang tua untuk mengajarkan agar anaknya mau memakai masker terutama ketika berada di luar rumah.

Agar anak bisa memahami pentingnya memakai masker agar terhindar dari paparan Covid-19, sebaiknya orang tua mampu menjelaskan dengan bahasa sederhana dalam memberi tahu alasan wajib pakai masker di masa pandemi Covid-19.

Merujuk Satgas Penanganan Covid-19, ada 6 tips membantu anak terbiasa memakai masker.

1. Jelaskan dengan sederhana
Memberi tahu alasan wajib menggunakan masker harus disampaikan dengan sesederhana mungkin dengan kalimat yang tidak menakutkan. Jika dilakukan dengan benar, maka anak Anda bakal bersedia menggunakan masker tanpa paksaan.

2. Kenalkan dengan metode bermain
Salah satu cara mengenalkan kebiasaan memakai masker yang efektif dan menyenangkan adalah dengan menggunakan metode bermain. Mengenalkan fungsi masker dengan lagu atau permainan favorit buah hati bisa membuat mereka mau menggunakan masker dan mengerti kegunaannya.

3. Beri pilihan pada anak
Berikan kesempatan pada anak untuk memilih masker dengan desain yang mereka inginkan. Hal ini dikarenakan anak-anak masih sangat mementingkan visual dalam berbagai hal, termasuk masker.

4. Buat Kesepakatan
Orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak untuk memakai masker sebelum keluar rumah.

5. Ingatkan anak jika lepas masker
Anak-anak punya ingatan dan pengendalian diri yang terbatas sehingga bila masker dilepas, maka ingatkan agar dipakai kembali.

Dengan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan termasuk ke anak, maka diharapkan seluruh keluarga dapat terhindar dari paparan Covid-19. Selain itu, jika anak Anda sudah berusia lebih dari 12 tshun, maka ajak buah hati untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 agar makin kebal terhadap virus corona. [dzm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini