Cara Mudah dalam Batasi Garam pada Makanan Berkuah

Selasa, 7 September 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Cara Mudah dalam Batasi Garam pada Makanan Berkuah Ilustrasi sup. Grofers

Merdeka.com - Garam merupakan salah satu bumbu makan penting yang biasa kita konsumsi setiap hari. Sayangnya konsumsi terlalu banyak garam bisa berdampak butuk bagi tubuh.

Memilih makanan dengan kuah bening ketimbang bersantan bisa menjadi salah satu cara membatasi asupan garam agar tak berlebihan, menurut dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Arti Indira, Mgizi, Sp.Gk, FINEM.

"Pilih kuah bening ketimbang yang menggunakan santan atau bahan-bahan yang membuat lebih kental," terangnya beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan asupan garam per hari tak lebih dari 1 sendok teh atau untuk natrium sebanyak 2300 mg. Konsumsi garam berlebihan dikaitkan dengan sejumlah masalah bagi kesehatan seperti tekanan darah tinggi, risiko stroke yang lebih tinggi, gagal jantung, osteoporosis, kanker perut, dan penyakit ginjal.

Sebuah studi dalam jurnal Circulation pada awal tahun 2021 juga menemukan, kelebihan asupan garam bisa mencegah sel sistem kekebalan bekerja secara normal untuk jangka waktu lama. Akibatnya, bisa terjadi inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. Atas dasar itulah Arti dan para pakar kesehatan sepakat menyarankan orang-orang membatasi asupan garam.

2 dari 2 halaman

Cara Batasi Penggunaan Garam

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan antara lain memilih makanan yang segar, membatasi penggunaan penyedap lalu menggantinya dengan rempah-rempah. Selain itu, cobalah memilih nasi yang tidak ada rasanya dan hindari mencocol atau menyiram makanan dengan kuah atau kaldu. Bila ingin menyantap makanan yang diproses, sebaiknya pilihlah yang reduce atau low salt dan ini bisa dilihat dari label nutrisi di kemasan.

"Asupan terbesar seringkali berasal dari makanan yang diproses, makanan yang sudah ada label nutrisinya cek kadar natriumnya agar tidak berlebihan," terang Arti.

Selain garam, batasi juga konsumsi gula dan lemak setiap hari. Hal ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. [RWP]

Baca juga:
Ibu Menyusui Perlu Perhatikan Kebutuhan Nutrisi Makro dan Mikro untuk ASI Eksklusif
Air Kelapa Miliki Manfaat yang Dibutuhkan Tubuh untuk Hadapi Pandemi
Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Membungkus Makanan Sisa Menggunakan Aluminium Foil
Mulai Meningkatnya Berat Badan hingga Sembelit, Ini 4 Dampak saat Tubuh Kurang Serat

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nutrisi
  3. Tips Sehat
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini