Cara menghindari virus flu dari telepon genggam

Jumat, 18 Januari 2013 10:05 Reporter : Kun Sila Ananda
Cara menghindari virus flu dari telepon genggam Ilustrasi menggunakan telepon genggam. ©digitaltrends.com

Merdeka.com - Telepon genggam atau smartphone pasti sudah menjadi bagian dari kehidupan orang sehari-hari. Ada yang menggunakannya sekedar untuk berkomunikasi, ada yang menggilainya hingga tak pernah lepas dari benda satu ini.

Namun, bagaimana jadinya jika benda yang menjadi sahabat banyak orang ini adalah sarang kuman dan virus flu? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang terkena flu dari benda-benda yang dipegangnya, terutama telepon genggam. Hal ini karena orang jarang sekali membersihkan telepon genggam atau tangan mereka ketika memakainya.

"Telepon genggam sepuluh kali lebih kotor dibandingkan dudukan toilet," ungkap Chuck Gerba, profesor mikrobiologi dari University of Arizona, seperti dilansir oleh ABC News (16/01).

AT&T sebelumnya telah merekomendasikan pengguna untuk menggunakan perangkat hands-free agar meminimalisir penggunaan telepon genggam dengan tangan. Selain itu, mereka juga menyarankan pengguna untuk tidak menggunakan telepon genggam di dalam kamar mandi.

Beberapa orang membersihkan telepon genggam mereka dengan pembersih yang mengandung sedikit alkohol. Metode ini diketahui paling efektif untuk membunuh kuman dan virus yang menyebabkan flu.

Meski begitu, virus terkadang tak berasal dari telepon genggam Anda, melainkan dari tangan Anda sendiri atau tangan orang lain. Jika Anda tidak pernah meminjamkan telepon genggam pada orang lain, maka telepon genggam Anda aman.

"Namun jika Anda meminjamkannya pada orang yang memiliki virus flu, maka bisa dipastikan virus tersebut pasti sudah ada di 40 persen orang di kantor Anda dalam waktu empat jam," tambah Gerba.

Lalu, bagaimana cara menghindarinya? Dokter menyarankan untuk selalu membersihkan tangan sebelum menyentuh telepon genggam Anda. Menggunakan pembersih berbasis sedikit alkohol juga bisa dilakukan, atau mulai membiasakan diri menggunakan hands-free. Selain itu, ingat bahwa Anda tak oleh terlalu sering menyentuh wajah Anda dengan tangan.

[kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Sehat
  3. Influenza
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini