Cara cepat sembuhkan migrain di rumah!

Senin, 11 Agustus 2014 19:09 Reporter : Kun Sila Ananda
Cara cepat sembuhkan migrain di rumah! Ilustrasi migrain. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/CHAIWATPHOTOS

Merdeka.com - Siapapun yang pernah mengalami migrain pasti mengetahui rasanya yang menyakitkan. Biasanya migrain bermula dari salah satu mata yang berkunang-kunang, kemudian menyebar dan terasa seperti menusuk-nusuk di salah satu sisi kepala. Kadang saking sakitnya, mata bisa berair dan Anda tak akan bisa berkonsentrasi pada apapun.

Migrain bisa dipicu oleh banyak hal, dan berbeda-beda bagi masing-masing orang. Migrain bisa dipicu oleh cahaya, makanan, atau hal lainnya. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami serangan migrain, jangan khawatir. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan migrain dengan segera saat di rumah, seperti dilansir oleh Boldsky (10/08).

1. Penuhi cairan tubuh

Banyak orang yang mengalami migrain ketika tubuh mereka sedang kekurangan cairan. Ketika cairan dalam tubuh berkurang, seseorang lebih mudah terkena migrain. Untuk itu, jika terkena migrain sebaiknya segera penuhi cairan tubuh. Minum banyak air atau konsumsi makanan yang mengandung cairan untuk tubuh.

2. Kafein

Kafein bisa membantu Anda meredakan migrain atau justru malah memperparah migrain. Karena itu, menggunakan kafein sebagai obat migrain tak selalu bisa digunakan oleh semua orang. Bai beberapa orang, kafein bisa memicu migrain, namun bagi sebagian lainnya justru meredakan migrain. Ketahui kecenderungan Anda sebelum menggunakan kafein untuk meredakan migrain.

3. Tidur

Tidur adalah salah satu cara paling mudah dan nyaman untuk meredakan migrain. Meski kadang orang akan sulit tidur ketika mengalami migrain dan migrain juga tak segera sembuh ketika tidur, namun tidur selama beberapa jam bisa menyembuhkan dan meredakan migrain yang Anda rasakan.

4. Minyak esensial

Terapi alami seperti menggunakan minyak esensial bisa memberikan kenyamanan dan meredakan migrain. Coba gunakan minyak seperti lavender, peppermint, atau basil. Aroma tertentu bisa memberikan efek berbeda pada setiap orang, karena itu tak ada salahnya menggunakan minyak esensial untuk meredakan migrain.

5. Pijat

Memijat kepala bisa jadi salah satu cara untuk meredakan migrain. Tak ada salahnya memijat kepala yang sedang migrain, sekaligus menggunakan minyak yang cocok untuk memijat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan migrain di rumah. Namun sebelum melakukan cara di atas, kenali dulu apa yang memicu migrain bagi Anda. Migrain bisa disebabkan oleh hal berbeda bagi setiap orang. Terkadang cara di atas berhasil untuk beberapa orang namun tidak untuk orang lainnya. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini