Buah jeruk dan jus jeruk, mana yang lebih sehat?

Kamis, 22 Januari 2015 12:22 Reporter : Kun Sila Ananda
Buah jeruk dan jus jeruk, mana yang lebih sehat? Ilustrasi jus jeruk. Shutterstock/Maglara

Merdeka.com - Selama ini peneliti percaya bahwa makan buah secara utuh dan minum air lebih menyehatkan ketimbang minum jus buah. Namun penelitian yang diterbitkan dalam ACS Journal of Agriocultural and Food Chemistry mengungkap bahwa anggapan ini tak selamanya benar, terutama jika berkaitan dengan buah jeruk.

Meski jus memang mengandung lebih banyak gula dibandingkan dengan makan buah secara utuh, namun peneliti juga menemukan bahwa beberapa nutrisi dalam jus jeruk lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan jika orang mengonsumsi buah jeruk secara langsung, seperti dilansir oleh Science Daily (21/01).

Ralf Schweiggert, Julian Aschoff, dan koleganya mengetahui bahwa buah jeruk mengandung banyak nutrisi seperti carotenoid dan flavonoid. Kedua nutrisi tersebut, di antara manfaat lainnya, mampu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung pada manusia. Namun lebih banyak orang yang suka minum jus jeruk dibandingkan makan buahnya. Hal ini membuat peneliti ingin mengetahui apa kelebihan jus jeruk dibandingkan makan buah jeruk secara langsung.

Melalui penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa jus jeruk bisa menurunkan kadar carotenoid dan vitamin C pada buah jeruk. Namun di saat yang bersamaan, jus jeruk juga mengubah carotenoid dan vitamin C menjadi bentuk yang lebih mudah diserah oleh tubuh dan mudah dipergunakan.

Meski jus jeruk mengandung gula yang lebih tinggi dan mengandung lebih sedikit flavonoid, namun nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih mudah terserap oleh tubuh. Jadi, tak selamanya mengonsumsi buah utuh lebih baik dari jus buah. Jeruk adalah salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi dalam bentuk jus maupun secara utuh. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini